Rabu, 25 Juli 2018

Tempat Wisata Ranu Kumbolo, Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru

Tempat Wisata Ranu Kumbolo, Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru – Tempat Wisata Terindah - Sekarang ini aktifitas pendakian atau pun hiking sepertinya sedang banyak diminati oleh para wisatawan, sehingga tidak bisa dipungkiri lagi hal tersebut juga berdampat karena adanya sebuah film layar lebar yang diangkat dari sebuah novel best seller “5 CM”. Gara-gara film inilah, aktifitas hiking yang dahulunya masih dianggap berbahaya dan membutuhkan training secara khusus, kini seolah-olah terlihat sangat mudah. Terlebih lagi pada film tersebut juga menyuguhkan sinematografi keindahan Gunung Semeru yang selama ini tidak banyak diketahui orang.

Meledaknya film 5 CM ini membuat banyak orang yang berbondong-bondong untuk melakukan pendakian di Gunung Semeru. Pendakian mereka tidak semuanya hingga sampai ke puncak, kebanyakan mereka mendaki hingga sampai ke ranu kumbolo, lalu berkemping di sana. Nah, ranu kumbolo ini merupakan sebuah danau air tawar yang seringkali dijadikan sebagai tempat transit bagi para pendaki Gunung Semeru, letaknya ada di ketinggian sekitar 2.400 meter dari permukaan laut, ranu kumbolo juga merupakan salah satu sumber air bersih bagi para pendakit, dengan debit air yang sangat berlimpah, danau ini jadi lokasi berkumpul para pandaki untuk berkemah. Ranu Kumbolo sendiri merupakan sebuah Danau yang terletak di Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Jika Berwisata Ke Ranu Kumbolo


Sejujurnya, perjalanan menuju Objek Wisata Ranu Kumbolo bukan perjalanan yang sangat mudah, malahan bisa dikatakan perjalanan yang cukup berat, sebab membutuhkan kekuatan fisik yang prima serta perbekalan yang cukup. Kami sarankan bagi Anda yang ingin liburan ke ranu kumbolo, paling tidak selama satu minggu sebelumnya dilakukan latihan fisik terlebih dulu, seperti jogging, gym, lari, atau pun olahraga lainnya yang bisa meningkatkan daya tahan serta kekuatan tubuh Anda.

Selain dengan fisik yang harus dipersiapkan, Anda juga harus siapkan foto kopi KTP sebanyak 3 lemar, surat keterangan sehat dari dokter, dan materai. Di objek wisata ranu pani sebelum Anda melakukan pendakian, Anda nantinya akan diminati melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menunjukan dua surat tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan serta sebagai tindakan penyelamatan jika terjad sesuai yang buruk pada diri Anda saat perjalanan.

Dan hal yang terakhir juga harus Anda persiapkan adalah peralatan mendaki seperti kaos kaki, jaker tebal yang tahan air, sarung tangan, penutup kepala, penutup telinga, masker, tenda, sleeping bag, makanan, serta minuman. Bawalah persediaan air yang cukup, Anda juga dapat membawa cokelat atau pun madu untuk membantu menjaga stamina Anda saat perjalanan mendaki di Wisata Ranu Kumbolo.

Perjalanan Menuju Ke Ranu Kumbolo


Tiket masuk ke Tempat Wisata Ranu Kumbolo ini kurang lebih sebesar Rp 10.000,00 per orang dan Rp 20.000,00 per tenda, untuk bisa mencapai Ranu Kumbolo ada dua alternatif jalur pendakian yakni dengan melalui watu rejang dan bukit ayek-ayek. Jika Anda melakukan pendakian melalui jalur watu rejeng memang jauh lebih mudah, akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika memilih untuk melalui jalur bukit ayek-ayek perjalanan yang ditempuh akan jauh lebih cepat namun jalannya cukup curam dan cukup berbahaya bagi para pendaki pemula.

Dimulai dari pos pendaftara di ranu pani, nantinya Anda akan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 5 hingga 7 kilometer dengan menyusuri lereng bukit yang ditumbuhi oleh bunga edelweiss. Meskipun bunga ini tumbuh liar, akan tetapi ada baiknya Anda jangan memetik sembarangan, sebab bunga ini termasuk bunga langka yang harus kita lestarikan.

Setelah itu, Anda akan tiba di watu rejeng, ini adalah sebuah spot yang mempunyai batuan terjal yang sangat indah banget, perjalanan Anda selanjutnya akan di dampingin oleh pemandangan lembah serta perbukitan yang telah ditumbuhi oleh pohon cemara dan pinus. Bila Anda beruntung maka Anda akan bisa melihat kepulan asap dari puncak semeru. Perjalanan ini nantinya akan memakan waktu sekitar 5 hingga 7 jam, tergantung dari kekuatan fisik Anda . Sepanjang perjalanan ada sekitar 4 pos peristirahatan yang bisa Anda gunakan bila lelah.

Gambar  Tempat Wisata Ranu Kumbolo


Tempat Wisata Ranu Kumbolo

Tempat Wisata Ranu Kumbolo

Baca Juga :
10 Pantai Eksotis di Jawa Timur

Itulah tadi sekilas tentang Tempat Wisata Ranu Kumbolo yang bisa kami informasikan. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.