Sabtu, 10 Oktober 2015

Panorama dan Kuliner di Pantai Popoh Tulungagung Jawa Timur

Panorama dan Kuliner di Pantai Popoh Tulungagung Jawa Timur, Tempat Wisata Terindah - Ini dia satu wisata pantai di Tulungagung Jawa Timur yang terkenal akan kenikmatan panoramanya dan juga kulinernya. Dimana lagi kalu bukan di Pantai Popoh Tulungagung yang tak cukup kita nikmati hanya dengan waktu sehari saja, dijamin Anda akan jauh dari kata puas, untuk itu biasanya wisatawan dapat berlama-lama di sini sekitar 2-3 hari. Tempat wisata Pantai yang berlokasi di Kabupaten Tulungagung ini menyuguhkan keindahan panorama alam terbuka yang sangat menawan dengan deburan ombak yang cukup besar ditambah dengan pemandangan hijau dari balik bukit yang dapat Anda daki untuk melihat luasnya tempat wisata pantai Popoh yang tak terhalang oleh apapun dari atas bukit. Harga retribusi untuk masuk kawasan obyek wisata pantai Popoh ini sangat murah, karena hanya Rp 3.000,00 untuk satu orang tetapi tidak termasuk parkir kendaraan. Di garis pantai yang sama ada satu pantai yang tak kalah menawan dan terlebih gratis yaitu Pantai Sidem. Pantai Sidem akan memberikan pemandangan aktivitas dari para nelayan di sepanjang garis pantai 500 meter ini juga banyak sekali pepohonan tumbuh membuat suasana di sini sangat nyaman dan menenangkan. Selain dapat surfing dan snorkelling di sini, Anda juga dapat membantu warga setempat yang sedang sibuk berburu anak-anak rajungan untuk pakan ternak bebek mereka. Disarankan Anda datang ke Pantai Popoh saat bulan Suro atau Muharram, karena akan ada kegiatan rutin setiap tahunnya berupa ritual Labuh Semboyo. Di Pantai Popoh yang mempunyai akses jalan beraspal namun banyak belokkan ini akan dilakukan sesaji yang dilarung ke laut.

Wisata Pantai Popoh Tulungagung Jawa Timur


Pantai Popoh Tulungagung Jawa Timur



Kuliner di Pantai Popoh Tulungagung

Nah salah satu kegiatan wajib saat di pantai tentunya duduk bersantai sambil makan-makan hidangan laut yang masih segar dan lezat. Sama halnya di Wisata Tulungagung Pantai Popoh ini, ada satu warung yang wajib disinggahi untuk mengisi perut keroncongan Anda, tepatnya di Warung Mak Yah dengan mengunggulkan menu berupa udang dan kepiting yang dihidangkan dengan saus asam manis. Menariknya, jika di tempat makan yang lain memasak dengan peralatan modern, namun berbeda ketika di sini, karena di Warung makan Mak Yah ini akan dimasak langsung melalui tungku dengan arang dan bumbu-bumbu dapur andalan dari Warung Mak Yah. Satu lagi, tak lengkap jika makan tanpa mengeluarkan keringat akibat kepedasan, di sini ada satu jenis sambal yang super duper meledakkan lidah Anda dan terus menerus ingin menyantap sambal yang satu ini yaitu sambal Bledhek (petir). Setelah perut kenyang, saatnya membuat tangan Anda penuh dengan oleh-oleh yang wajib di bawa pulang. Di dekat warung Mak Yahakan berdiri deretan kios souvenir yang menjajakan segala pernak-pernik kerajinan tangan benda-benda laut dan kaos serta cinderamata lainnya khas langsung dari Tulungagung.

Pusat kerajinan marmer Tulungagung

Saat Anda menuju ke destinasi wisata pantai Popoh, pasti Anda akan melihat satu kawasan bernama Campurdarat yang terdapat banyak pengrajin marmer paling besar di Jawa Timur. Tepatnya di Desa gamping Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan berbahan marmer yang unik dan bernilai seni tinggi.

Hotel Sekitar Pantai Popoh Tulungagung

Karena sudah saya katakan diawal jika menikmati lokasi wisata pantai Popoh ini tak cukup jika sehari saja, untuk itu menginaplah di penginapan yang sudah tersedia di kawasan Pantai Popoh dengan beragam hotel yang dapat Anda pilih sesuai selera. Jika Anda takut kehabisan kamar, maka sebaiknya pesanlah kamar yang Anda butuhkan melalui situs online Agoda.

Rute Pantai Popoh Tulungagung

Anda dapat berkunjung kemari dengan melalui Kota Mojokerto-Jombang-Kertosono-Kediri-Tulungagung, atau melewati Kota Malang yang berangkat dari Surabaya-Sidoarjo-Malang-Kepanjen-Wingi-Blitar-Tulungagung. Kedua rute tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
(Baca : Pantai Indah di Kabupaten Tulungagung )