Selasa, 23 Mei 2023

Wisata Ke Gunung Genuk Jepara yang Indah

Wisata Ke Gunung Genuk Jepara yang Indah, Tempat Wisata Terindah - Apa yang anda ketahui tentang Gunung Genuk ? Gunung Genuk merupakan sebuah gunung yang terletak di ujung utara Pulau Jawa atau tepatnya di Semenanjung Gunung Muria, Jawa Tengah. Gunung Genuk dikenal dengan nama Gunung Donorojo atau Gunung Celiring. Gunung Genuk ini menunjukkan banyak fenomena yang perlu pengkajian secara komprehensif. Artinya permasalahan yang ada atau singkatnya dari kajian dari kacamata ilmu gunung api harus dibuktikan juga dengan ilmu-ilmu alam lainnya.

Gunung Genuk Jepara


Penemuan gunung api monogenik di bagian barat daya yang dicirikan dengan kenampakan bentang alam landai di antara bentang alam dataran yang umumnya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sawah, atau bukit soliter atau terisolir diluar kaldera kecil Gunung Genuk. Secara umum, singkapan aliran lava bantal ini serupa atau mirip dengan breksi autoklastika, warna bagian luar abu-abu kecoklatan dan bagian dalam berwarna abu-abu agak gelap hingga gelap. Keadaan batuannya bertekstur afanitik hingga porfiritik halus hipokristalin, membentuk struktur bantal kurang sempurna, tersebar setempat, bagian luarnya memperlihatkan struktur breksi, aliran, terkekarkan dan beberapa memperlihatkan kekar pendinginan berbentuk radier, komposisi andesit hingga andesit basal.

Lokasi ditemukannya lava bantal ini di dasar sungai Lamat atau di belakang tempat pertapaan Ratu Kalinyamat atau sering dijadikan tempat wisata karena kepercayaan mandi di kucuran air di sungai tersebut akan awet muda. Secara stratigrafi gunung api, keberadaan aliran lava bantal ini di luar komplek Gunung Genuk dan tersingkap diantara endapan piroklastika berupa batu tuf, batu lapili dan breksi gunung api yang dihasilkan Gunung Genuk, sehingga ada kemungkinan batuan beku luar ini berumur lebih tua atau dapat disebut Genuk tua. Lava andesit basal ini merupakan fase awal pembangunan unung Genuk tua yang kemudian mati dan dilanjutkan oleh tumbuhnya Gunung Genuk di bagian utaranya seperti yang sekarang kita kenal. Di Gunung Genuk ini terdapat berbagai macam habitat flora seperti, pohon papaya dan pohon randu juga terdapat fauna seperti, trenggiling, kumbang, landak dan luwak. Wisata Ke Gunung Genuk Jepara yang Indah nampaknya dapat dijadikan alternatif bagi anda yang sedang berada di sekitar Kota Jepara. Demikian yang bisa saya tulis tentang Gunung Genuk semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih