Sabtu, 11 Agustus 2018

Potensi Wisata di Kawasan Wisata Tawangmangu di Karanganyar

Potensi Wisata di Kawasan Wisata Tawangmangu di Karanganyar, Tempat Wisata Terindah - Karanganyar merupakan sebuah kabupaten yang ada di Jawa Tengah, kabupaten ini memiliki berbagai potensi wisata yang salah satunya terlihat dari berkembangnya wisata Tawangmangu, dimana kawasan wisata ini sudah menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah. Jika Anda penasaran apa saja objek wisata yang ada di Tawangmangu, anda bisa membacanya di bawah ini yang sudah kami jabarkan mengenai berbagai ikon wisatanya.

1.    Gunung Lawu 

Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang menjadi kebanggaan Jawa Tengah, yang lokasinya masuk kedalam Kecamatan Tawangmangu. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3265 meter dari permukaan laut dan pada puncaknya, selain itu gunung lawu ini juga memiliki Tiga Puncak yaitu hargo dumiling, hargo dalem dan juga hargo dumilah yang merupakan puncak tertinggi di di Gunung Lawu tersebut, sebenarnya Gunung Lawu merupakan gunung berapi, namun saat ini Gunung Lawu masih tidak menunjukkan tanda-tanda aktivitas.

Selain menjadi objek wisata alam, lintas alam dan juga pendakian, Gunung Lawu ini juga merupakan rumah bagi beberapa atraksi wisata yaitu Cemoro, Sewu Tawangmangu dan juga Sarangan, selain itu gunung Lawu merupakan rumah bagi Candi Sukuh dan Candi Cetho.

2.    Desa Nglurah

Desa Nglurah

Di Kecamatan Tawangmangu juga memiliki salah satu desa yang menjadi sebuah pusat tanaman hias yang sedang berkembang yaitu Desa Nglurah, dimana Desa ini berada di kaki gunung Lawu, sehingga memiliki pemandangan alam yang indah dan unik. Dan jika anda datang ke desa ini maka anda akan menjumpai seluruh rumah penduduknya yang memiliki berbagai tanaman hias yang masih tertanam di tanah maupun juga dikemas pada polybag, selain digunakan sebagai pemanis pekarangan rumah ternyata tanaman ini juga merupakan sumber penghasilan dari sebagian besar penduduk desa nglurah, dan hasil produksi tanaman hias ini bisa dijual di berbagai daerah yang ada di Indonesia, bahkan sudah mencapai pasar internasional yaitu Singapura dan Malaysia.

Akan sangat menyenangkan jika anda melakukan perjalanan ke sini, karena jika anda datang ke sini anda bisa dimanjakan pemandangan yang menyegarkan dari berbagai macam tanaman hias yang cantik-cantik memadati daerah ini. Selain itu di desa ini juga memiliki ritual unik yaitu ritual dukutan atau bersih desa, hal ini ditujukan agar bisa menunjukkan syukur mereka terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas kenikmatan yang diberikan olehnya, hal ini juga ditujukan agar bisa membersihkan diri dari pengaruh negative dan nafsu duniawi.

3.    Air Terjun Grojogan Sewu 

Air Terjun Grojogan Sewu

Obyek wisata Tawangmangu yang terkenal yaitu Grojogan Sewu, meski nama air terjun ini Grojogan Sewu namun air terjun ini tidak memiliki 1000 titik air terjun. Akan tetapi jika anda datang ke tempat ini, maka anda bisa melihat pemandangan air terjun yang mengalir dari beberapa titik yang melebar dari air terjun ini, sehingga bisa menciptakan cabang-cabang air terjun yang baru, titik air terjun tertinggi yang ada di Grojogan Sewu ini yaitu mencapai 80 meter.

Selain pemandangan air terjun yang indah, lokasi dari Grojogan Sewu ini juga sangat menyenangkan yaitu berada di lereng gunung Sewu yang bisa menambah kecantikan pemandangan di tempat ini, selain itu hamparan hutan di sini juga masih asri dan hijau serta masih banyak jenis tanaman yang tumbuh di sana, apalagi ditambah dengan udara yang bersih serta menyegarkan pasti akan membuat anda merasakan suatu wisata yang menyenangkan di grojokan sewu ini.

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang Serunya Wisata Tawangmangu, Kecamatan yang Memiliki Segalanya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.