Kamis, 15 Desember 2016

Keindahan Wisata Danau Ranau di OKU Selatan Sumsel

Keindahan Wisata Danau Ranau di OKU Selatan Sumsel, Tempat Wisata Terindah - Bagi Anda yang bingung mau berlibur ke mana, mungkin salah satu tempat yang akan kami ulas kali ini menjadi referensi berlibur Anda. Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan. Dengan berlibur kita akan menambah keakraban dan keharmonisan antara anggota keluarga kita. Anda berniat untuk mengunjungi Danau Ranau? Mungkin informasi yang akan kami ulas kali ini sangat bermanfaat bagi anda.

 Keindahan Wisata Danau Ranau

Wisata Danau Ranau

Lokasi Danau Ranau


Danau Ranau merupakan salah satu danau yang terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Ranau sendiri merupakan salah satu daerah yang memiliki luas 13 meter, danau ini merupakan gunung yang terbentuk akibat tenaga letusan vulkanik yang sangat dahsyat dan gempa bumi sehingga terbentu cekungan. Di sekitar Gunung ini ada sungai besar yang mengalir di kaki gunung Ranau, di sini terdapat jurang dan berbagai jenis tanaman semak belukar. Selain itu di tepi-tepi danau Ranau terdapat sisa-sisa gunung yang dinamai dengan gunung samino yang berdiri tegak di samping danau, dengan air yang sangat bersih dan terletak di Kabupaten Lampung Barat. Jika anda mengunjungi Danau Ranau ini Anda harus membayar sekitar Rp1.000 dan untuk parkirnya yaitu Rp4.000

Pemandangan di Danau Ranau


Panorama yang disajikan di danau ini juga sangat indah. Di Danau Ranau ini dikelilingi dengan bukit-bukit dan gunung seminung dengan sumber air hangat alaminya sebuah kaldera gunung berapi strato morfologis muda yaitu bulu Kemuning dibangun di sisi dari ketinggian 600 m di atas permukaan danau kaldera.

Danau Ranau ini terdapat pondok-pondok kecil yang di gunakan sebagai tempat tinggal masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar danau Ranau ini bercocok tanam dan bermata pencaharian sebagai perikanan, pondok-pondok itu sangat dijaga dengan bersih dan dapat kita jadikan sebagai penginapan-penginapan yang sangat murah. Masyarakat sekitar hidup dengan budidaya kopi, cengkeh, tembakau.

Bahan pokok yang dijual di sekitar danau Ranau ini sangat murah seperti pisang, beras dan buah-buahan yang lain. Danau Ranau ini juga terdapat berbagai restoran yang menyajikan makanan ikan khas Danau Ranau yang dipanggang. di Danau Ranau ini Anda juga dapat Menikmati keindahan Sunset yang sangat luar biasa yang berlatar belakang dengan pegunungan.

Berlibur ke Danau Ranau Anda juga dapat menyewa perahu untuk menelusuri Danau Ranau dan menikmati indahnya pemandangan di Danau Ranau. Selain itu kita juga dapat berkunjung ke pemandian air panas dan air dingin. Meskipun Danau Ranau ini terkenal dengan sejuk dan dingin tetapi di sini juga ada pemandian air panas yang benar-benar panas dengan pasir yang sangat hangat. Di sini Anda juga dapat melakukan aktivitas snorkeling dan berenang untuk mendapatkan pengalaman sangat menakjubkan.

Sumber air panas tersebut berada di pulau kecil yang dikenal dengan pulau Marisa. Pulau Marisa sendiri memiliki cerita dan legenda yang sangat menakjubkan, dahulu katanya ada seorang pangeran yang sangat tampan dan Putri Aisyah yang memiliki dua kekasih yaitu Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat. Putri Aisyah itu berjanji akan menikahi orang yang dapat membangun jembatan diatas seluruh Danau Ranau dalam waktu satu malam sebelum matahari terbit. Namun sampai pagi hanya Pulau Marissa yang dapat terbangun dan selesai.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Keindahan Tempat Wisata Danau Ranau di OKU Selatan untuk anda semua, semoga dapat bermanfaat, selamat berlibur dan sampai jumpa.