Kamis, 20 Oktober 2016

Candi Sambisari Sleman Yang Indah Dengan Sejarah Yang Menakjubkan

Candi Sambisari Sleman Yang  Indah, Tempat Wisata Terindah - Candi Sambisari merupakan salah satu candi yang paling menarik di Yogyakarta. Karena disinilah Anda bisa bereksplorasi wisata sekaligus bisa pula melampiaskan hobi Anda untuk berfotografi di tempat ini. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan dan dapatkan di tempat wisata yang satu ini. Tak heran bila sampai saat inipun, baik wisatawan dari domestic ataupun dari mancanegara suka sekali berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Lokasi Candi Sambisari berada di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Namun wisata ini sudah banyak diketaui masyarakat umum terutama warga Yogyakarta. Lokasinya pun berdekatan dengan Kompleks Wisata Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Oleh karena itu apabila anda sedang berwisata dengan menggunakan kendaraan pribadi anda dapat mampir ke wisata Sleman Candi Sambisari ini.

Candi Sambisari Sleman Dengan Pemandangan Yang  Indah

Candi Sambisari Sleman

Candi Sambisari Sleman

Sejarah Dibalik Candi Sambisari


Sama halnya seperti candi – candi kecil yang lainnya, sebelum Anda menikmati keindahan dari candi yang satu ini maka Anda harus mengisi buku tamu lebih dahulu dan juga harus membayar untuk biaya restribusinya dengan seikhlasnya. Berdasarkan papan informasi yang sudah ada, candi ini sebenarnya ditemukan dari bulan Juli, pada tahun 1966 silam. Sehingga, bisa dibilang bahwa candi ini kini penemuannya sudah berusia 50 tahun.

Sementara untuk sejarahnya, disebutkan bahwa dulu ada seorang petani dengan nama Karyowinangun. Saat itu, beliau sedang mencangkul di sawahnya sendiri. Saat itu, beliau merasa bahwa tempat yang dicangkulnya tersebut terantuk sebuah batu. Selanjutnya, sesudah diselidiki lebih lanjut, ternyata batu yang telah dicangkulnya tersebut adalah bebatuan dari candi yang saat ini menjadi Candi Sambisari tersebut.

Bisa dibayangkan, memang candi yang satu ini jauh lebih mirip seperti saat sedang menemukan sebuah puncak piramida yang telah terkubur dengan pasir. Bisa jadi, saat itu cangkul beliau sedang terantuk batu yang tepatnya berada di puncak candi induk dari candi yang satu ini. Sehingga, untuk proses ekskavasi selanjutnya menunjukkan bahwa ternyata Candi Sambisari ini lokasinya ada di sekitar 6,5 meter jauh lebih rendah dari di antara dataran di sekelilingnya.

Ada dugaan menyebutkan bahwa candi ini dulunya terpendam oleh sebuah abu vulkanik yang berasal dari letusan gunung Merapi para ratusan tahun yang lalu. Sehingga, hal ini membuat candi ini menjadi terpendam.

Daya Tarik dari Candi Sambisari di Sleman


Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari candi yang satu ini adalah, candi ini berada pada 6,5 meter dari bawah permukaan tanah. Jadi, bisa diperkirakan bahwa candi ini telah terkubur dengan material letusan yang sangat dahsyat dari gunung Merapi di tahun 1006 Masehi silam. Selain itu, disinilah terdapat sebuah patung Lingga dan Yoni yang besar pada bilik dalam badan Candi. Tak hanya itu saja, candi ini juga tidak mempunyai pilar penyangga, sehingga bagian dasarnyalah yang kini menjadi pilar penyangganya juga.

Rute Menuju ke Candi Sambisari


Untuk bisa sampai ke candi ini, Anda bisa menggunakan 2 cara, yaitu menggunakan angkutan umum dan juga kendaraan pribadi. Dimana untuk lebih lengkapnya dirangkum di bawah ini:

Angkutan Umum
Untuk angkutan umum, Anda bisa menaiki bus jurusan Jogja – Solo, sampai Anda melihat ada papan penunjuk jalan ke tempat candi tersebut. Maka dari jalan besar itulah, sekitar 2 km Anda bisa menempuh candi ini menggunakan ojek.

Kendaraan Pribadi
Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa melewati arah Jogja Solo sampai ada papan penunjuk jalan yang mengarah para candi di bagian utara jalan. Selanjutnya, lewati saja jalan tersebut ke utara, dan Anda akan menemukannya.

Baca Juga
12 Tempat Wisata di Sleman Paling Menakjubkan
Pemandangan Wisata Candi Ratu Boko Yang Indah

Itulah beberapa fasilitas dan juga apa saja yang bisa Anda lakukan di Candi Sambisari. Dengan melihat ulasan di atas, hal ini bisa membuat Anda memahami seberapa menarikkan tempat wisata sejarah yang satu ini. Dengan begitu, Anda pun bisa dengan mudah menyiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk berkunjung ke tempat ini. Sehingga, wisata pun makin menyenangkan.