Selasa, 11 Agustus 2015

Wisata Candi Arjuna di Dieng Dengan Suasana yang Sejuk

Wisata Candi Arjuna di Dieng Dengan Suasana yang Sejuk, Tempat Wisata Terindah - Selain terkenal dengan wisata alamnya yang indah ternyata kawasan dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau juga memiliki peninggalan sejarah yang penting. Peninggalan sejarah di DIeng ini adalah dalam bentuk candi yang dinamakan Candi Arjuna. Candi Arjuna merupakan satu dari beberapa candi yang terdapat dalam Kompleks Percandian Arjuna. Dalam kompleks Candi Arjuna selain ada Candi Arjuna sendiri juga terdapat  Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Suasana di lokasi Candi Arjuna ini sangat sejuk dan asri,karena memang Candi Arjuna ini terdapat di Dieng yang merupakan sebuah dataran tinggi. Di sekitar Candi Arjuna juga sudah ditata sedemikian rupa sehingga tampak indah dan hijau. Candi Arjuna di Dieng ini memang tidak sebesar Candi Prambanan di Yogyakarta namun di tempat wisata ini menawarkan keindahan yang tersendiri sehingga setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

 Wisata Candi Arjuna di Dieng

Candi Arjuna di Dieng



Lokasi Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna terdapat di salah satu kawasan wisata di Dataran Tinggi Dieng. Untuk menjangkaunya sangatlah mudah karena banyak sekali papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan anda ke lokasi wisata ini. Candi Arjuna merupakan salah satu dari sekian tempat wisata di Dieng yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Sejarah Candi Arjuna Dieng

Kompleks Candi Arjuna ini pertama kali ditemukan pada tahun 1814 oleh seorang tentara Inggris yaitu Van Kinsbergen. Pada saat ditemukan tentunya kondisinya tidak seperti sekarang, namun masih memprihatinkan. Hal itu karena saat ditemukan, Candi Arjuna masih terendam oleh rawa. Proses pegeringan rawa ini baru dilakukan setelah 40 tahun semenjak ditemukan.
Candi Arjuna mulai dikembangkan sebagai sebuah wisata pada tahun 2010 dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Pariwisata serta dibantu oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Keindahan Wisata Candi Arjuna di Dieng

Tempat Wisata Candi Arjuna merupakan salah satu wisata unggulan di Dataran Tinggi Dieng dan selalu banyak dikunjungi wisatawan. Di dalam kawasan candi Arjuna ini anda dapat menyaksikan Candi Arjuna dan beberapa candi lainnya yang berdiri tegak dan dikelilingi rerumputan hijau yang sangat rapi. Barisan pepohonan juga nampak mengelilingi kawasan Candi Arjuna ini sehingga menimbulkan kesan yang asri dan alami. Di tempat ini anda juga dapat merasakan sensasi naik kuda yang dikelola oleh penduduk setempat. Pada saat kami datang ke Candi Arjuna ini ada dua ekor kuda yang ditawarkan kepada pengunjung.

Keluar ke kompleks Candi Arjuna sebelum ke parkiran kendaraan ada beberapa penjual yang menjajakan produk khas Dieng. Apalagi kalau bukan Purwaceng. Minuman kesehatan ini dapat anda dikmati secara langsung di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh oleh. Selain purwaceng di tempat ini juga dijajakan beberapa jajanan seperti kentang goreng dan mie instan.

Demikian tadi sekilas info tentang Obyek wisata Candi Arjuna di Dieng Plateau. Semoga dapat memberikan anda sedikit gambaran tentang Candi Arjuna sebelum anda mengunjunginya. Baca juga tempat wisata terindah di Dataran Tinggi Dieng.