Selasa, 18 Agustus 2015

12 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Menjadi Unggulan

12 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Menjadi Unggulan - Kota Semarang adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Wilayah Semarang sendiri terbagi menjadi Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Kota Semarang beribukota di Kota Semarang sedangkan Kabupaten Semarang ber ibu kota di Ungaran. Kabupaten Semarang memiliki wilayah yang lebih luas dari Kota Semarang serta memiliki bentang alam yang lebih beragam. Hal itu menyebabkan Kabupaten Semarang memiliki potensi pariwisata berupa wisata alam yang bermacam-macam. Dalam artikel ini akan kami sampaikan 12 obyek wisata unggulan Kabupaten Semarang yeng telah banyak dikenal warga masyarakat baik di Semarangs sendiri maupun di wilayah sekitar Semarang. Sedangkan pembahasan tentang tempat wisata di Kota Semarang mungkin akan kita bahas pada postingan lainnya. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Menjadi Unggulan.

12 Wisata Semarang Jawa Tengah Unggulan


1. Kopeng

Kopeng


Taman Wisata Kopeng adalah salah satu obyek wisata unggulan Kabupaten Semarang yang terdapat di lereng Gunung Merbabu. Tempat Wisata Kopeng ini terdapat di tepi jalan jurusan Salatiga Magelang. Karena lokasinya yang di lereng gunung, maka di Taman Wisata Kopeng ini memiliki pemandangan yang indah serta suasana yang sejuk. Di sekitar kopeng ini dapat anda dapati lahan-lahan subur pertanian yang ditanami dengan berbagai macam tanaman sayuran seperti kobis, wortel, kentang, cabai, tomat dll. Fasilitas yang disediakan di Taman Wisata Kopeng diantaranya adalah Waterpark,Outbound Centre, Gardening 4,17 hektar, Playground, ATV,Family resort,Hall,VIP family karaoke,Fun Bilyard,Kaos corner,Resto dan Coffe Shop.

2. Rawa Pening

Rawa Pening


Rawa Pening merupakan sebuah lembah yang berisi air sehingga bentuknya menyerupai danau. Rawa Pening terdapat diantara Gunung Merbabu, Telomoyo dan Ungaran. Luas Rawa Pening adalah 2.670 ha, serta menempati 3 kecamatan yaitu Kecamatan Ambarawa, Bawen Tuntang dan Kecamatan Banyubiru. Di Rawa pening ini anda dapat menikmati keindahan danau yang asri. Di lokasi wisata pengunjung juga dapat berkeliling waduk dengan menggunakan perahu yang banyak disediakan di lokasi wisata. Namun sayangnya akhir-akhir ini Rawa Pening banyak mengalami pendangkalan dan juga banyak ditumbuhi eceng gondok, sehingga menyulitkan perahu yang akan melintasi danau. Selain keindahan alamnya, Rawa Pening juga menyimpan cerita rakyat yang menarik terkait dengan asal mula Rawa Pening tersebut.

3. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa


Menurut sejarah, bangunan Museum Kereta Api Ambarawa dahulu adalah stasiun kereta api yang terdapat di Ambarawa, Semarang Jawa Tengah. Setelah tidak berfungsi, kemudian dijadikan sebagai museum kereta api. Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan berbagai benda yang berhubungan dengan dunia perkereta apian. Beberapa koleksi dari Museum Kereta Api Ambarawa misalnya kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen, serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG. Karena koleksinya yang unik, tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan fotografi. Anda dapat hunting foto bersama komunitas fotografi anda.

4. Bandungan

Bandungan


Bandungan merupakan nama sebuah kawasan wisata pegunungan yang terdapat di Kabupaten Semarang. Nuansa pegunungan yang sejuk dan asri sangat terasa di Bandungan. ada berbagai macam fasilitas wisata yang dapat anda nikmati di bandungan ini, dari mulai outbound, berkuda, bermain ATV, Berenang, Belanja dan tentu saja menikmati keindahan alam pegunungan yang indah. Selain kegiatan wisata tadi, fasilitas penunjang juga banyak tersedia di Kawasan Bandungan, hotel, losmen, penginapan, semua ada di Bandungan. Sebelum pulang anda dapat berbelanja berbagai hasil bumi dari bandungan yang berupa buah-buahan dan sayur-sayuran.

5. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo


Obyek wisata Candi Gedong Songo adalah sebuah candi yang terdapat di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Lokasi tersebut berada di lereng Gunung Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Candi yang indah ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Lokasi Candi Gedong Songo ini berdekatan dengan Kawasan Wisata Bandungan, jarak tempuhnya mungkin sekitar 10 menit. Oleh karena itu biasanya wisatawan yang datang ke Candi Gedong SOng ini juga akan berkunjung ke Bandungan khususnya untuk membeli oleh-oleh khas wisata Bandungan.

6. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti


Satu lagi tempat wisata yang terdapat di Kawasan Bandungan, yaitu Umbul Sidomukti. Umbul Sidomukti tepatnya berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Sesuai dengan namanya, Umbul Sidomukti menawarkan keindahan alam berupa sumber mata air yang berada di tengah pengunungan. Sumber mata air yang ada sudah dilengkapi dengan empat buah kolam dengan ketinggian yang berbeda-beda. Selain menikmati sumber mata air, Ada beberapa wisata yang dapat anda nikmati di Umbul Sidomukti ini, diantaranya adalah Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room.

7. Curug Benowo

Curug Benowo


Temoat wisata di Kabupaten Semarang yang satu ini terdapat di tengah pegunungan dan dikelilingi pepohonan yang rindang sehingga agak tersembunyi. Tempat wisata ini adalah Curug Benowo, atau air terjun Benowo. Lokasi curug Benwo adalah di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Sebelum sampai di lokasi wisata ini, penginjung harus berjalan kaki terlebih dahulu, karena akses menuju lokasi tidak bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor. Namun sesampainya di Curug Benowo, anda akan disajikan dengan indahnya Curug yang memukau. Air terjun yang terlihat eksotis, alami serta terletak jauh dari keramaian.

8. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur


Destinasi wisata di Kabupaten Semarang selanjutnya adalah Air Terjun Kali Pancur. Air Terjun Kali Pancur merupakan sebuah air terjun yang beralamatkan di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Air Terjun Kali Pancur bisa dikatakan sebagai wisata yang tersembunyi di Kabupaten Semarang. Hal itu karena untuk menjangkau tempat ini tidak ada angkutan umum yang melewati, jadi jika ingin berkunjung ke Air Terjun Kali Pancur ini harus menggunakan kendaraan pribadi atau ojek. Jalur yang sebaiknya anda tempuh untuk mengunjungi Air Terjun Kali Pancur adalah melalui Kota Salatiga, kemudian ambil jalur ke Kopeng. Jika telah sampai di Desa Wates Kec. Getasan lantas jalan kaki atau dengan naik ojek sekitar 3 km an ke arah Air Terjun Kali Pancur.

9. Kampung Kopi Banaran

Kampung Kopi Banaran


Kampung Kopi Banaran merupakan sebuah obyek wisata unggulan yang dikembangkan oleh Perusahaan BUMN yaitu PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero), yang terletak di area perkebunan kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35 dengan ketinggian 480 – 600m dpl dengan suhu udara cukup sejuk antara 23ºC – 27º C. Lokasi Kampung Kopi Banran ini sangat strategis karena terletak di tepi jalan Solo-Semarang. Oleh karena itu apabila sedang melintas ke jalan ini jangan lupa untuk mampir dan menikmati seduhan kopi istimewa dari Kampung Kopi banaran. Selain menikmati kopi di kedai kopi Kampung Kopi Banaran, di tempat ini juga sudah dikembangkan sebagai kompleks wisata keluarga dengan berbagai fasilitas yang sangat menarik, diantaranya adalah arena bermain anak – anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV.

10. Goa Kreo

Goa Kreo


Goa Kreo merupakan goa yang terdapat di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Goa ini dipercaya sebagai petilasan Kanjeng Sunan Kalijaga ketika mencari kayu jati sebagai bahan membangun Masjid Agung Demak. Cerita tentang pencarian kayu oleh Sunan Kalijaga tersebut telah berhasil menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke lokasi wisata Goa Kreo ini. Selain terkenal dengan cerita yang menarik, Goa Kreo juga memiliiki pemandangan yang indah, dimana goa tersebut terletak di tengah pepohonan serta ditunggui oleh ratusan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Saat ini di sekitar Goa Kreo sedang dibangun Waduk Jatibarang dengan luas 46,56 hektar yang sudah dimulai pembangunannya sejak tahun 2009. Waduk ini nantinya dimanfaatkan sebagai penampung air an pengendali banjir di Kota Semarang.

11. Museum Palagan Ambarawa

Museum Palagan Ambarawa


Museum Palagan Ambarawa adalah pilihan terbaik untuk mengajak anggota keluarga kita dlam mengisi liburan sekolah. Hal itu karena di Museum Palagan Ambarawa ini kita dapat mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah berjuang khususnya dalam pertempuran yang terjadi di Ambarawa dan dipimpin leh Jenderal Sudirman yang terjadi pada 12 Desember - 15 Desember 1945. DI dalam museum ini anda dapat melihat berbagai benda peninggalan bersejarah diantaranya seragam yang dipakai tentara Belanda maupun Jepang pada masa itu serta benda lainnya seperti helm baja, bambu runcing, bom molotov dan lain sebagainya.

12. Taman Wisata & Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Ungaran

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Ungaran


Taman Wisata dan Kolam Renang Tirto Argo Siwarak merupakan sebuah wisata air berupa kolam renang yang terdapat di Ungaran. Kolam renang ini merupakan wisata favorite warga Ungaran. Disini tersedia kolam renang yang lengkap dengan beberapa permainan air yag tentunya sangat menyenangkan bagi putra putri kita, Kolam renang ini tepatnya terdapat di Jalan Nyatyono, Desa Siwarak, Ungaran. Jika anda dari Kota Ungaran jaraknya sekitar 2 kilometer sedangkan apabila ditempuh dari Kota Semarang jaraknya  23 kilometer. Kelebihan dari kolam renang ini adalah air dari kolam renang ini merupakan air alami dari pegunungan, sehingga lebih bersih dan jernih. apabila di kolam renang biasa kadang-kadang masih terdapat bau menyengat kaporit, kalau di Taman Wisata & Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Ungaran tidak berbau.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Menjadi Unggulan dan sudah terkenal di seantero Kabupaten Semarang dan bahkan di Indonesia. Selain 12 tempat wisata tadi, masih banyak tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Semarang. Di bawah ini merupakan tempat wisata lain yang juga terdapat di Kabupaten Semarang jawa Tengah. (Baca : Tempat Wisata Unggulan di Jawa Tengah )

Vanaprastha Gedong Songo Park
Kawasan Wana Wisata Penggaron
Taman Djamoe Indonesia
Tlogo Plantation Resort
Green Valley: Training, Gathering & Outbound
Kopeng Treetop Adventure Park
New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort
Hills Joglo Villa, Resor Bernuansa Pedesaan
Kencana Agrowisata Resort
Kebun Teh Medini