Jumat, 19 Juni 2015

Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Goa Tapi ada Airnya

Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Goa Tapi ada Airnya. Tempat Wisata Terindah - Tempat Wisata di Yogyakarta memang memiliki berbagai variasi yang sangat beragam. Anda dapat menemukan tempat wisata berupa museum, tempat bersejarah, pantai, gunung, dll. Salah satu yang juga bisa anda temui adalah tempat wisata berupa goa. Sebenarnya hampir di setiap wisata goa yang ada di Indonesia, menawarkan satu keindahan alam yang hampir sama, yaitu berupa gugusan stalagtit dan stalagmit yang indah dan dengan berbagai bentuk. Namun di disini kami akan membahas sebuah tempat wisata yang sangat unik yaitu Goa Pindul. Keunikan dari Goa ini adalah bagaimana kita menyusuri goa ini dari pangkal sampai ujung goa. Pasti anda akan berpikir kalai Goa Pindul ini sama dengan goa lainnya di Indonesia. Nyatanya tidak. Karena Goa Pindul ini didalamnya mengalir sungai bawah tanah. Sehingga bisa dikatakan bahwa Goa Pindul ini berupa goa tapi didalamnya ada airnya. Goa Pindul memiliki panjang 350 meter dengan kedalaman sungai antara 5 sampai 12 meter. Untuk menyusurinya tentu saja berbeda dengan menyusuri goa lain. Untuk menyusuri Goa Pindul diperlukan peralatan standard keamanan berupa rompi pelampung serta pelampung yang dalam hal ini memakai ban dalam bekas yang muat diduduki orang dewasa. Seru Bukan ? Mari kita ikuti review selengkapnya dari tempat wisata di Goa Pindul Yogyakarta ini.

Goa Pindul Yogyakarta



Lokasi Goa Pindul

Lokasi Goa Pindul adalah di Yogyakarta atau alamat lengkapnya ada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Jalur yang anda lewati jika dari Yogyakarta menggunakan mobil pribadi adalah :

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul.

Legenda Goa Pindul Yogyakarta

Keberadaan Goa Pindul di Gunung Kidul Yogyakarta ini tidak dapat dilepaskan dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang sudah diceritakan secara turun temurun oleh masyarakat sekitar goa. Kisah ini adalah kisah Joko SInglulung ketika sedang mencari ayahnya. dia mencari dengan menelusuri hutan yang lebat, menyusuri sungai sampai mencarinya didalam goa. Saat mencari di goa yang ada airnya ini, kepala Joko Singlulung terbentur batu besar dan pipinya menjadi bengkak. Goa tempat Joko SInglulung terbentur ini dinamakan Goa Pindul yang berasal dari kata "Pipi gebendul", yang artinya pipi yang terbentur.

Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta

Seperti telah kami ungkapkan didepan bahwa untuk menyusuri Goa Pindul ini harus dilakukan dengan pelampung karena kondisi yang berair dan sangat dalam. Aktivitas ini dinamakan "Cave Tubing". Istilah Cave Tubing pertama kali digunakan untuk menyebut penyusuran Goa Kalisuci. Cave Tubing di Kali Suci menggunakan ban ini diklaim sebagai aktivitas yang pertama di dunia, yang kemudian diikuti goa lain termasuk Goa Pindul yang terdapat sungai bawah tanahnya. Untuk menyusuri Goa Pindul ini harus berkelompok ya. Biasanya satu kelompok atau rombongan akan di pandu oleh satu petugas khusus yang bertugas menarik ban-ban pelampung rombongan sambil sekaligus menjadi pemandu wisata. Di dalam goa nanti petugas ini yang akan menunjukkan kepada pengunjung tentang beberapa informasi yang menarik. Oh ya jika memasuki Goa Pindul harus saling bergandengan ya. Di bannya ada talinya khusus yang harus dipegang oleh sesama anggota rombongan. Jika anda datang sendirian atau dengan kelompok kecil biasanya akan digabungkan dengan rombongan lainnya. Anda diperbolehkan membawa kamera selama memasuki GoaPindul dan bebas memotret namun harus hati-hati ya, lengh dikit bisa kecemplung ke air nanti kameranya. Tapi kalau tidak bawa kamera juga sayang banget, kapan lagi bisa mendapatkan moment unik seperti ini.

Setelah masuk ke dalam Goa Pindul anda akan disuguhkan dengan beberapa gugusan stalaktit dan stalagmit yang indah banget. Air dalam Goa ini tenang kok, gak deras, bahkan alirannya tidak terasa, jadi aman. Pemandu biasanya menarik rombongan dengan pelan-pelan sambil menikmati pemandangan serta menjelaskan beberapa fenomena alam yang ada di dalam Goa Pindul yang menarik. Hati-hati ya, jangan sering-sering mendongak keatas, karena di dalam goa terdapat kelelawar yang bisa saja buang air kena wajah anda, hehe. Agak mengganggu sih, namun bagaimana lagi, secara alamiah memang goa ini adalah rumah mereka kan ? Kita yang bertamu disitu, jadi ya harus sedikit bersabar. Oh ya, kalau punya senter bisa dibawa, yang khusus untuk adventure ya biar lebih asyik. Didalam belum ada lampunya, penerangan hanya mengandalkan senter dari pemandu saja.

Di dalam Goa Pindul ada satu spot yang sangat menarik sekali. Pemandangan disini sungguh luar biasa. Jadi di tempat ini bagian atas goa ada semacam celah sehingga sinar matahari dapat masuk. Jika anda memotretnya dengan angle yang pas dan settingan yang oke maka anda akan mendapatkan gambar yang luar biasa. Di bawah ada orang yeng sedang berenang di dalam goa dengan dihiasi sinar surgawi yang masuk ke dalam goa melalui celah tadi. Wuih, bagus deh, hampir mirip dengan yang ada di Goa Jomblang.

Goa Pindul Yogyakarta


Begitulah keindahan Goa Pindul yang telah terkenal di Indonesia. Karena keindahannya ini menjadikan tempat wisata Goa Pindul selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada musim liburan. Saran kami jika ingin benar-benar menikmati keindahan dan suasana Goa Pindul, datang saja pada waktu tidak musim liburan. Dijamin menyenangkan. Pada musim liburan maka akan penuh sesak. Ini adalah gambar Goa Pindul pada Bulan Mei 2015 saat musim liburan.

Goa Pindul Yogyakarta


Penasaran bukan ? berikut ini akan kami berikan video tentang wisata Goa Pindul. Dalam video ini akan ditampilkan pemandangan dari mulai diluar goa sampai ke dalam Goa Pindul Yogyakarta. Jika ingin melihat dalaman Goa Pindul ya mari berkunjung ke Goa Pindul Yogyakarta.


Fasilitas Goa Pindul Yogyakarta

Wisata Goa Pindul ini termasuk wisata yang sudah dikembangkan dengan baik. Disini telah tersedia mushola, warung-warung dna resto yang dapat juga dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Hal ini penting karena biasanya dalam setiap rombongan tidak mesti semua ikut ber-Cave Tubing Ria, karena mungkin ada anak kecil, atau orang tua yang tidak mungkin untuk ikut nyemplung ke dalam sungai. Tentu saja mereka harus menunggu di lokasi peristirahatan. Menu yang ditawarkan oleh warung dan resto ini juga beragam serta harganya tidak terlalu mahal.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Yogyakarta

Untuk memasuki Goa Pindul Yogyakarta anda harus membayar sebesar Rp. 35.000,- per orang. Dengan biaya sebesar itu anda akan mendapatkan :
    Rompi Pelampung
    Ban pinggang
    Jasa guide yang profesional
    Tutorial atau training singkat penyusuran Gua Pindul

Wisata di Sekitar Goa Pindul Yogyakarta

Kita tahu bahwa tempat wisata di Gunung Kidul Yogyakarta ini ada banyak sekali. Paling banyak berupa pantai dan goa yang memiliki pemandangan sangat eksotis. Di dekat lokasi obyek wisata Goa Pindul anda dapat menemui beberapa lokasi tempat wsiata lainnya yang tak kalah menarik. Wisata di Sekitar Goa Pindul Yogyakarta Yang paling banyak diminati adalah river tubing kali Oya. River tubing Kali Oya ini hampir sama dengan Goa Pindul namun yang disusuri adalah sungai Oya. Caranya sama, dengan menggunakan rompi pelampung dan ban dalam. (Baca : Serunya Wisata Water Tubing Kali Oya )Selain itu anda juga dapat Off Road Desa Wisata Bejiharjo. Wisata ini masih terbilang baru. Disini pengunjung akan diajak berkeliling ke Desa Bejiharjo yang memiliki bentang alam yang indah menggunakan mobil jeep. Pastinya akan seru karena dengan medan yang bergelombang akan memompa adrenalin kita. Selain Goa Pindul di sekitar Desa Bejiharjo juga terdapat Goa Gelatik yang pemandangannya tak kalah menarik. Anda yang masih memiliki waktu dapat mencoba mengunjungi goa yang satu ini.

Paket Wisata Goa Pindul Yogyakarta

Di Yogyakarta banyak sekali penyedia jasa wisata yang menyediakan Paket wisata Goa Pindul dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Untuk lebih jelasnya anda dapat browsing dahulu di internet. Di bawah ini adalah beberapa penyedia jasa paket wisata ke Goa Pindul yang dapat anda jdikan refrensi. Perlu kami tekankan bahwa kami sama sekali tidak berafiliasi dengan penyedia jasa di bawah ini. Kami tidak bertanggung jawab terhadap layanan yang mereka sediakan. Kami mendapatkan informasi ini juga dari browsing di internet, daripada kami simpan, lebih baik kami infokan kepada anda, siapa tahu bermanfaat. Selain tentang paket wisata anda juga dapat konsultasikan tentang penginapa atau hotel yang ada di sekitar Goa Pindul, khususnya bagi anda yang datang dari jauh. Menurut informasi di sekitar Goa Pindul banyak dutemui semacam homestay miliki warga sekitar yang dapat dimanfaatkan untuk menginap.

1. www.GoaPindulRizka.com
* Jl. Kyai Legi No. 101, Siyono Wetan RT. 64/10, Logandeng Playen, Gunungkidul, Yogyakarta (Sebelah selatan Gedung Serbaguna)
* Jl. Gelaran 1, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Jogja
No HP:
* 081.328.329.250
* 0878.3855.3266
* BBM: 52.509.780

2. https://www.panduanwisatajogja.com/paket-wisata-goa-pindul-jogja-2015/
Telp: (0274) 487451 (jam 09.00 – 17.00)
Telp/SMS/Whatsapp: 087738834592 / 081228056860
BBM: 7D9A1289 / 5242D654
Web: https://www.joglowisata.com/paket-wisata
Alamat:
Jl Wahid Hasyim 47-48 Waringin Condong Catur Sleman, Yogyakarta

3. https://goapindul.com/paket-wisata/
0812 2944 9004
0857 2954 3819
0819 0407 1919
pin bb: 2237e835
email: CaveTubingPindul@gmail.com
Alamat : Gelaran bejiharjo Karangmojo Gunungkidul DIY

4. https://www.rizkacatering.com


Baca Juga ya Informasi Wisata di Yogyakarta berikut :

Tempat Wisata di Yogyakarta Lengkap 
12 Pantai Indah Menawan di Gunung Kidul Yogyakarta
7 Goa Menawan di GUnung Kidul Yogyakarta 

Demikian tadi Informasi lengkap tentang Tempat Wisata Goa Pindul yang spektakuler di Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga bermanfaat.