Pantai Samas Bantul yang Terkenal Konservasi Penyu nya

shares |

Pantai Samas Bantul yang Terkenal Konservasi Penyu nya, Tempat Wisata Terindah - Tempat liburan keluarga yang seru di Yogyakarta sangat banyak ragamnya. Anda dapat memilih untuk berwisata ke tempat wisata alam, budaya, permainan dll. Salah satu obyek wisata di Yogyakarta yang sangat keren adalah Pantai Samas yang terdapat di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Pantai ini menawarkan keindahan alam berupa pantai yang indah serta  delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga. Pantai Samas di Kabupaten Bantul Yogyakarta juga terkenal dengan keberadaan Konservasi Penyu yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta bersama sejumlah LSM Lingkungan.
Pantai Samas Bantul yang Terkenal Konservasi Penyu nya

Lokasi Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Tempat Wisata Pantai Samas terdapat di Desa Srigading, Sanden, Bantul Yogyakarta. Jarak dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 24 km.

Keindahan Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Hampir sama dengan Pantai Parangtritis, Pantai Samas juga memiliki ombak yang besar. Namun, Pasir pantai Samas berwarna hitam serta bibir pantainya sedikit curam. Pantai Samas dihiasi dengan delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga. Saat ini danau tersebut dimanfaatkan untuk pengembangan perikanan, penyu dan udang galah serta untuk lokasi pemancingan.
Daya tarik lain dari Pantai Samas adalah adanya Konservasi Penyu. Secara alamiah memang Pantai Samas ini dijadikan sebagai lokasi singgah beberapa jenis penyu, seperti  Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Blimbing, dan Penyu Lekang. Penyu ini singgah di Pantai Samas untuk bertelur dan kemudian balik lagi ke laut. Sedangkan untuk telur-telurnya dibiarkan di dalam pasir pantai sampai menetas dengan sendirinya. Penyu kecil yang menetas akan secara naluriah berlari ke dalam air dan berenang. Nah, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta merasa perlu untuk membantu penyu-penyu ini untuk berkembangbiak, karena banyak sekali gangguan yang ada, baik dari manusia, hewan lain atupun kondisi alam yang kurang baik. Telur-telur yag ditinggalkan di pantai ini oleh balai diambil dan menetaskannya secara semi alami. Setelah menetas dan berusia 3 bulan penyu keccil inin akan dilepaskan di laut.  Pelepasan penyu biasanya dilakukan oleh anak sekolah sebagai upaya memberikan contoh agar melestarikan keberadaan penyu-penyu di alam bebas.

Harga Tiket Masuk Pantai Samas

Harga tiket masuk ke pantai Samas ini adalah Rp.2.000,- per orang

Demikian tadi seputar Pantai Samas Bantul yang Terkenal Konservasi Penyu nya semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Baca juga Tempat Wisata populer di Bantul dan Yogyakarta )

Wisata Yang Berhubungan