Tempat Wisata Terindah

Tempat Wisata Terindah di berbagai daerah Indonesia yang wajib dikunjungi

Wisata Danau Toba yang Menakjubkan

Wisata Danau Toba yang Menakjubkan, Tempat Wisata Terindah - Danau Toba yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia adalah salah satu dari keajaiban dari alam yang cukup membuat takjub mata. Sangat sulit untuk di bantah bahwa ada tempat lain di Pulau Sumatera yang memiliki panorama lebih indah dari pada Danau ini. Danau Toba memang sangat terkenal dengan hamparan airnya yang  berwarna jernih kehijauan, suasana yang begitu menyegarkan dan sejuk karena banyaknya pepohonan hijau yang mengelilingi danau dan panorama alam yang begitu istimewa, seperti adanya pegunungan – pegunungan hijau kecil yang menjadi salah satu “the biggest immagination” dari Danau Toba yang letaknya 900 m di atas permukaan laut.

Danau Toba juga memiliki sebuah kawah yang luasnya mencapai 1200 km persegi dan di tengah kawah tersebut terdapat sebuah pulau yang juga memiliki luas yang nyaris sama dengan luas dari negara Singapore. Karena ukurannya yang sangat luas tersebut, banyak orang yang mengatakan bahwa danau toba adalah lautan kecil yang berada di Pulau Sumatera. Tak hanya itu, Danau Toba juga di nobatkan sebagai danau yang terluas di kawasan ASEAN juga merupakan Danau kedua terbesar di Dunia setelah Danau di negara bagian Afrika yaitu Danau Victoria. Dengan kedalaman 450 m danau toba juga menjadi danau yang terdalam di dunia.

Menurut para ahli, Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang cukup dahsyat yaitu sekitar  75 ribu tahun yang lalu. Pada saat itu, Gunung toba memuntahkan cairan vulkanik yang telah meletus sekitar 3000 km kubik hingga pada akhirnya debu vulkanik tertiup angin dan menyebar ke hampir dari separuh bagian wilayah Bumi. Letusan oleh Gunung Toba tersebut berlangsung selama kurang lebih 9 hari dan muntahan debu yang dimuntahkan dari gunung tersebut terlontar sejauh 10 km di atas permukaan laut.

Meletusnya gunung toba atau banyak masyarakat luas yang menyebutnya sebagai gunung api super banyak memakan korban jiwa dan bahkan banyaknya kepunahan dari sebagian spesies makhluk hidup di Bumi. Meletusnya Gunung Toba juga menjadi salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim di bumi dan awal mulanya zaman es terbentuk dan menyebabkan perubahan dari peradaban dunia. Banyak masyarakat yang tinggal di sekitar Danau toba percaya bahwa Danau Toba mempunyai sebuah history magis yaitu sebagai tempat tinggal dari tujug dewi nenek moyang suku batak atau yang biasa disebut Namborru. Dan apabila akan ada suku batak yang ingin melakukan sebuah upacara di dekat danau maka mereka semua harus melakukan ritual terlebih dahulu seperti  meminta izin dan berdo’a.

Pulau vulkanik yang berada di tengah – tengah danau toba disebut dengan Pulau Samosir. Pulau tersebut merupakan sebuah pulau yang unik dengan ketinggiannya yang mencapai hampir 1000 m di atas permukaan laut. Walaupun sudah menjadi tempat wisata yang berumur cukup lama, namun Samosir adalah sebuah keindahan alam yang sampai saat ini belum terjamah.

 Terdapat 2 danau di tengah – tengah pulau Samosir, kedua danau tersebut dinamakan  sebagai Danau Aek Natonang dan juga Danau Sidihoni. Terdapat banyak hutan pinus di sekitaran danau toba yang semakin menambah keasrian dari danau tersebut. Tak hanya itu, anda juga akan disuguhi dengan beberapa air terjun yang menakjubkan mata yang berada di sekitar pinggiran danau toba, anda juga bisa memanjakan tubuh anda dengan mandi di pemandian air belerang yang terdapat di sekitaran danau toba.

Danau Toba merupakan salah satu wisata alam terbaik di Indonesia yang banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Jika anda berkunjung ke Pulau Samosir, anda akan banyak menemukan pegunungan yang diselimuti kabut tebal , air terjun yang jernih dan bisa digunakan untuk berenang  serta masyarakat peladang dan Batak  yang begitu ramah sehingga akan membuat anda lebih nyaman untuk berwisata di sana, sebab mereka akan dengan sopan memberi tahu arah jalan apabila anda tersesat. Para wisatawan asing akan banyak membanjiri wilayah danau toba pada  bulan April – Agustus. Sebab pada bulan itu bertepatan dengan liburan seklah dan cuaca pada bulan tersebut sangat cerah yang mana lebih membuat para wisatawan lebih menikmati liburan mereka. Makanan yang di jaikan di sekitaran danau toba dominan adalah makanan yang tidak halal bagi para umat muslim, apabila anda ingin mencari makanan yang halal anda bisa menemukanya di warung makan nasi Padang atau Nasi Jawa yang buka pada malam hari di sekitaran wilayah Danau Toba.

Popular Post