Jumat, 23 Januari 2015

Museum Zoologi Bogor, Tempat Study Tour Favorit di Bogor

Museum Zoologi Bogor, Tempat Study Tour Favorit di Bogor, Tempat Wisata Terindah - Museum Zoologi Bogor merupakan salah satu museum yang ada di kota Bogor yang mana museum tersebut telah memiliki koleksi yang ada kaitannya dengan dunia satwa seperti hanyalnya berbagai spesimen yang telah diawetkan maupun berupa fosil hewan. Kemudian untuk  museum ini juga telah terbagi menjadi dua, yang mana salah satunya dibuka pada setiap hari yang memang dibuka untuk umum yang telah terdiri dari ruang pameran yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor.  Sedangkan untuk museum yang satunya lagi telah berfungsi sebagai tempat koleksi dan memang hanya akan dibuka untuk umum dalam waktu setahun sekali yakni hanya pada bulan Oktober saja.( Baca : Tempat Wisata di Kabupaten Bogor )

Sedangkan untuk lokasinya berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta - Bogor Km.46 Cibinong, Bogor. Kedua bagian dari museum ini telah dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi (LIPI). Pada saat awal berdirinya, Museum Zoologi Bogor ini merupakan salah satu laboratorium zoologi dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium yang didirikan pada tahun 1894 yang merupakan suatu gagasan dari J. C. Koningsberger seorang ahli botani yang berkebangsaan dari Jerman. Tempat laboratorium tersebut didirikan sebagai sarana penelitian yang telah berkaitan dengan pertanian dan juga zoologi.

Sedangkan Pada tahun 1906 namanya mulai dirubah menjadi Zoologisch Museum and Wekplaats, akan tetapi pada tahun 1910 juga dirubah lagi yang kemudian menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium. Antara tahun 1945-1947 tempat ini telah dikenal dengan nama Museum Zoologicum Bogoriense, sebelum pada akhirnya sampai sekarang menjadi Museum Zoologi Bogor. Kemudian Tempat koleksi museum ini juga memiliki 24 ruangan koleksi dan baru saja ditempati mulai pada tahun 1997, dengan pembangunan yang telah didanai dari dana hibah Bank Dunia maupun Jepang. Banyaknya Koleksi ilmiah yang telah dimiliki museum ini meliputi banyak kategori antara lain: mamalia, ikan, burung, reptil dan amphibi, moluska, serangga, dan juga invertebrata lain yang selain dari moluska dan serangga.

Pada saat ini jika anda masuk ke dalam museum anda akan disambut dengan 4 buah kerangka asli yang telah berdiri dari 4 vertebrata yang terpajang di tengah ruangan museum tersebut. Dan salah satu diantara dari kerangka tersebut adalah Kerangka dari Badak Sumatra.

Badak sumatera adalah salah satu dari anggota famili Rhinocerotidae dan juga termasuk salah satu dari lima spesies badak. Badak ini adalah badak dengan ukuran yang  terkecil, yang memiliki tinggi sekitar 120–145 sentimeter, dan dengan panjang sekitar 250 sentimeter dengan berat 500–800 kilogram. Seperti halnya spesies badak yang terdapat di Afrika, badak ini juga telah memiliki dua cula.
Biawak Komodo merupakan salah satu dari binatang yang biasa dipanggil dengan nama Komodo ini adalah spesies Kadal dengan ukuran terbesar didunia yang telah hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili motang, dan Gili dasami di Nusa Tenggara. ( Baca lagi : Tempat Wisata Terindah di Jawa Barat )



Demikianlah uraian singkat tentang Museum Zoologi Bogor.