Sabtu, 31 Januari 2015

Ayo Snorkeling ke Wisata Umbul Ponggok Klaten

Ayo Snorkeling ke Wisata Umbul Ponggok Klaten, Tempat Wisata Terindah - Mendengar kata snorkeling pasti anda sekalian akan terbayang sebuah lokasi tempat wisata yang berupa pantai atau pulau yang terdapat terumbu karang yang indah. Namun dalam artikel ini anda tidak akan kami bawa ke pantai apalagi pulau. Namun kami akan mengajak anda untuk melihat salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Kabupaten Klaten jawa Tengah yaitu tempat wisata Umbul Ponggok. ( Baca : Tempat Wisata di Kabupaten Klaten )

 Wisata Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Lokasi Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok di Klaten tepatnya berlokasi di Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Nama Pnggok diambilndari lokasi desa tempat umbul ini berada. Bentuk ari umbul ini adalah berupa kolam pemandian dengan mata air yang asli dari air tanah. Air yang terdapat di umbul Ponggok sangat jernih sehingga sangat nyaman apabila digunakan untuk mandi. Kolam pemandian Ponggok ini memiliki luas sekitar 6000 m2 serta kedalaman sekitar 1 - 2,5 meter.( Baca juga : Tempat Wisata di Jawa Tengah Pilihan )

Umbul Ponggok Klaten ini bisa dikatakan ramai dikunjungi oleh wisatawan belum begitu lama. Pengembangan terakhir berasarkan suatu sumber adalah sekitar tahun 2010 silam. Perlu anda ketahui Umbul Ponggok sudah ada sejak dahulu kala, namun baru dikembangkan menjadi wisata yang ramai baru beberapa tahun belakangan ini. Saya terakhir kali ke Umbul Ponggok adalah ketika masih SMA, sekitar tahun 1999. Waktu itu Umbul Ponggok di Polanharjo Klaten masih sangat sederhana, yaitu berupa kolam pemandian yang ditembok sederhana. Di pinggir pemandian terdapat warga sekitar kampung yang kebanyakan ibu-ibu yang baru mencuci pakaian. Waktu itu memang Umbul Ponggok belum dibangun seperti sekarang ini. Bahkan Umbul Ponggok ini juga dimanfaatkan warga sekitar untuk mencuci perlengkapan rumah tangga yang berukuran besar seperti tikar, karpet, tenda dll.

Keindahan Kolam Pemandian Umbul Ponggok

Umbul ponggok yang bersumber dari air tanah memiliki kondisi air yang sangat jernih, sehingga dasar kolam dapat terlihat dengan jelas. Apabila kita melihatnya ke dasar kolam aka akan dapat terlihat kondisi dasar kolam berupa pasir, kerikil dan bebatuan yang dihiasi oleh ratusan ikan aor tawar yang sangat indah. Sudah mirip dengan pemandangan bawah laut namun tanpa ada terumbu karang.

Fasilitas Wisata Umbul Ponggok

Agar aktifitas menyelam anda lebih nyaman maka anda sangat dianjurkan menggunakan peralatan snorkeling. Di loaksi Umbul Ponggok Klaten sudah ada persewaan snorkeling, sehingga anda tidak perlu repot membawa dari rumah. Perlu diketahui ya bahwa snorkeling ini berbeda dengan diving. Kalau snorkeling memakai alat yang lebih sederhana, yaitu selang berbentuk "J" dan pelindung mata seperti kacamata. Snorkeling biasanya digunakan untuk melihat bawah laut dari permukaan dan untuk perairan yang dangkal. Sedangkan Diving menggunakan alat yang lebih lengkap, dari pakaian khusus, pelindung mata sampai penggunakan tabung oksigen. Oleh karena itu aktifitas menyelam di Umbul Ponggok ini lebih tepatnya ber-snorkeling, bukan diving.

Untuk mengabadikan momen snorkeling di Umbul Ponggok Klaten anda dapat menyewa kamera underwater yang digunakan untuk memotret di dalam air. Harga sewa kamera ini agak mahal sih serta hitungannya per jam. Sebagai alternatifnya anda juga dapat menyewa alat pelindung kamera atau HP. Jadi anda dapat mengambil gambar dari kamera digital atau hape anda, tetapi dipakaikan pelindung sewaan. Dengan cara ini akan lebih menghemat biaya. Namun perlu anda ingat juga kualitas gambar akan lebih bagus apabila gambar diambil dari kamera khusus bawah air, karena hasilnya lebih tajam.

Gambar Snorkeling di Umbul Ponggok Klaten

Wisata Umbul Ponggok Klaten

Wisata Umbul Ponggok Klaten


Wisata Umbul Ponggok Klaten

Wisata Umbul Ponggok Klaten



Sumber Gambar :
www.jogjapetualang.com
Kaskus

Tips Berkunjung ke Umbul Ponggok

Tips untuk pergi wisata ke Umbul Ponggok Kabupaten Klaten dari kami adalah sebaiknya berangkat pagi-pagi, karena air akan lebih jernih di pagi hari. Selain itu kalau bisa berangkat jangan pada hari Minggu. Tempat wisata umbul Ponggok ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari Minggu dan hari liburan sekolah. So, apabila anda benar-benar ingin menikmati indahnya pemandangan awah air Umbul Ponggok, lebih baik pas hari lain saat pengunjung sepi.