Senin, 05 Januari 2015

Asyiknya Liburan ke Kebun Binatang Ragunan Bersama Keluarga

Asyiknya Liburan ke Kebun Binatang Ragunan Bersama Keluarga, Tempat Wisata Terindah - Kebun Binatang Ragunan  adalah ikon kebun binatang DKI Jakarta, karna kebun binatang ini adalah yang pertama kali didirikan di Jakarta dan juga Negara Indonesia sebelum merdeka. Sejarah Pendirian Kebun Binatang Ragunan dimulai dari Organisasi penyayang tumbuhan dan hewan pada masa Batavia yang terdaftar sebagai anggota culture planten en dierentuin mendapat hadiah sebidang tanah seluas 1o hektar oleh Raden Saleh yang memerintah pada saat itu. Kemudian mendirikan cikal bakal kebun binatang ragunan dengan nama awal  Planten En Dierentuin  ( tanaman dan kebun binatang) pada tahun 1864.
Gambar Lokasi Kebun Binatang Ragunan
Gambar Lokasi Kebun Binatang Ragunan

Pada masa setelah kemerdekaan Planten En Dierentuin dirubah namanya menjadi Kebun binatang cikini tahun 1949. Kemudian lokasinya dipindahkan di kawasan ragunan Jakarta selatan tahun 1964 dengan luas wilayah 30 hektar . 2 tahun setelah masa pembangunan, tempat wisata ini diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta (Baca : 12 Tempat Wisata Di Jakarta yang wajib dikunjungi )pada masa dipimpin oleh Ali Sadikin. Pada tanggal 22 juni 1966 kebun binatang ini dinamakan  Taman Marga Satwa Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan Saat ini  mempunyai  luas 147 hektar dengan koleksi lebih dari 2.000 ekor satwa serta tumbuh tumbuhan  lebih dari 50.000 pohon. Suasana yang sejuk dan nyaman membuat para pengunjung betah berkunjung  tiap musim liburan tiba. Dengan dukungan pemerintah kota pembangunan terus dilaksanakan untuk mewujudkan kebun binatang modern sebagai ikon kebanggaan kota Jakarta. Kebun binatang modern menampilkan ekosistem buatan yang meniru setiap detail ekosistem asli  satwa yang ditangkarkan, sehingga dapat dijadikan sumber penelitian ilmiah dalam studi tentang flora dan fauna. Selain dapat dijadikan sebagai tempat penelitian, Kebun binatang ini juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata keluarga atau tempat rekreasi bagi warga Jakarta. Khususnya pada hari libur tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Macam macam fauna  taman marga satwa ragunan diantaranya adalah Elang bondol dengan nama latin haliastus Indus bercirikan bulu leher putih dipadukan warna bulu coklat kemerahan. Elang koleksi kebun binatang ragunan ini merupakan burung endemic dibeberapa Negara asia tropis, cina, srilangka, bahkan sampai Australia. Dengan makanan alaminya hewan mamalia kecil, ikan, ular, kadal, ketam dsb.  Ada juga satwa gorila atau monyet besar yang didatangkan dari negara Inggris, setidaknya ada 3 ekor gorila yang dipelihara untuk konserfasi maupun penambahan koleksi fauna di kebun bintang. Pemberian makanan rutin diberikan tiap pukul 12.oo dan 15.oo WIB. Kebun binatang ragunang sudah mashur dikenal sebagai tempat pelestarian primata terbesar didunia. Tokoh  yang berjasa merintis dibangunnya fasilitas pusat primata kebun bintang ragunan adalah Antoinette schmutzer.
Peta Kebun Binatang Ragunan (Klik untuk memperbesar)

Terdapat  pula hewan khas padang pasir seperti unta yang dipelihara dan dirawat dengan baik di kebun binatang ini. Unta yang merupakan  hewan berkuku genap hidup diwilayah kering dan berdebu ini, sanggup bertahan tanpa makan dan minum dalam beberapa  hari karna menyimpan cadangan makanan berupa lemak dipunuknya. Kemudian ada juga harimau Sumatra, harimau putih dari india. Serta banyak lagi flora yang tumbuh dan berkembang dengan baik di Kebun Binatang Ragunan.