Rabu, 15 Oktober 2014

Megahnya Candi Borobudur, Keajaiban Dunia di Nusantara

Megahnya Candi Borobudur, Keajaiban Dunia di Nusantara, Tempat Wisata Terindah - Bicara mengenai deretan candi yang ada di Indonesia, maka tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan sebuah candi umat agama Budha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur sudah menjadi ikon masyarakat Jawa Tengah dan dijadikan sebagai tempat wisata unggulan di Jawa Tengah dan sekitarnya. Meskipun Borobudur masuk dalam wilayah Jawa Tengah namun karena letaknya berdekatan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta maka banyak perusahaan biro paket perjalanan wisata yang menyertakan Tempat wisata Candi Borobudur kedalam Paket Wisata di Yogyakarta. Hal itu juga yang membuat Candi Borobudur semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Banyak sekali wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Candi Borobudur, hal itu karena Candi Borobudur pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia.

Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur beralamat di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi ini sekitar 100 km sebelah barat daya Semarang. Jika dari Surakarta sekitar 86 km ke arah barat sedangkan jika dari Yogyakarta sekitar 40 km kearah barat laut.

Sejarah Candi Borobudur

Berdasarkan data yang ada, Candi Borobudur dibangun oleh para penganut Agama Budha Mahayana sekitar tahun 800 masehi atau pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra di Jawa.

Deskripsi Bentuk Candi Borobudur

Candi Borobudur secara umum berbentuk seperti punden berundak milik masyarakat zaman prasejarah. Candi Borobudur terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya ada 3 pelataran yang melingkar. Pada dinding candi dihiasi oleh 2672 panel relief serta 504 buah arca Budha. Di pusat bangunan terdapat stupa utama dengan ukuran paling besar diantara stupa lainnya. Stupa di Candi Borobudur berjulah 72 buah yang didalamnya terdapat arca Budha yang sedang duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra Dharmachakra mudra.

Gambar Keindahan dan Kemegahan Wisata Candi Borobudur

Foto Keindahan Candi Borobudur, dari atas, bagus, hijau, HD
Foto Keindahan Candi Borobudur

 


Gambar Arca Candi Borobudur, bagus, hitam, budha
Gambar Arca Candi Borobudur

 


Gambar Relief Candi Borobudur, pasukan
Gambar Relief Candi Borobudur

 


Gambar  Candi Borobudur di Malam Hari, sorot lampu
Gambar  Candi Borobudur di Malam Hari

 


Denah Candi Borobudur, dari atas
Denah Candi Borobudur