Tempat Wisata Terindah

Tempat Wisata Terindah di berbagai daerah Indonesia yang wajib dikunjungi

17 Tempat Wisata Klaten Pilihan Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

17 Tempat Wisata Klaten Pilihan Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan, Tempat Wisata Terindah - Klaten merupakan sebuah Kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Klaten memiliki berbagai macam potensi tempat wisata dari wisata alam, wisata buatan, wisata keluarga sampai wisata religi. Tempat Wisata Klaten ini ada yang sudah dikembangkan degan baik namun ada juga yang masih perlu banyak pembenahan dari Pemerintah Daerah. Saat ini berwisata sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat Indonesia. Dengan berwisata maka segala penat dan kebosanan melalui dunia kerja dapat sedikit terobati. Oleh karena itu pada hari libur ataupun hari Minggu hampir dipastikan di berbagai lokasi tempat wisata selalu dipenuhi oleh para pengunjung. Pengunjung yang datang tidak hanya wisatawan dari lokal setempat namun juga berasal dari berbagai Kota disekitarnya. 
Kabupaten Klaten terletak diantara dua pusat kebudayaan besar yaitu Kerajaan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Hal itu menyebabkan di Kabupaten Klaten juga masih kental dengan adat kebudayaan yang sampai sekarang masih banyak dilestarikan seperti perayaan nyadran, apeman, kupatan dll. Selain wisata alam dan wisata budaya, tempat wisata yang tak kalah pentingnya di Kabupaten Klaten adalah wisata religi. Wisata religi ini maksudnya wisata hati yang diperuntukkan masyarakat yang percaya terhadap suatu tempat dapat mendatangkan barokah. Tempat ini biasanya berupa makam tokoh terkenal pada masa lampau. Ada 2 makam yang sangat populer di Kabupaten Klaten yaitu Makam Sunan Bayat di Kecamatan Bayat dan Makam Ki Ageng Gribig di Jatinom. 

17 Tempat Wisata Klaten Pilihan


Disini akan kami bahas 17 diantara tempat wisata di Klaten yang sangat indah sehingga sangat sayang apabila tidak dikunjungi. Berikut adalah 17 Tempat Wisata Klaten Pilihan Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan.

1. Candi Prambanan



Wisata Klaten yang akan kita bahas disini adalah Wisata Candi Prambanan. Candi Prambanan bisa dikatakan sebuah temat wisata yang sudah mendunia. Tempat wisata ini banyak sekali dikunjungi oleh banyak wisatawan asing. Lokasi Candi Prambanan adalah di perbatasan Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta. Sehingga dalam tulisan ini kami cantumkan dalam daftar 17 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. Obyek Wisata Klaten Candi Prambanan merupakan sebuah Candi Umat Agama Hindu Paling Eksotis di Indonesia. Keindahan Candi Prambanan ini telah menarik turis dari berbagai belahan dunia. Ada hal lain yang juga menarik dari Candi Prambanan yaitu tentang Kisah Legenda yang menyelimutinya. Asal Mula Candi Prambanan ini dipercaya berkaitan dengan Legenda Roro Jonggrang yang terkenal di masyarakat sekitar Candi Prambanan. Kami pernah membahas mengenai tempat wisata Candi Prambanan. Sehingga apabila anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Candi Prambanan anda dapat melihat pada postingan kami berikut :
Keindahan Wisata Candi Prambanan
Legenda Roro Jonggrang

2. Umbul Ponggok



Pernah ke Umbul Ponggok Klaten ? Atau malah belum tau sama sekali ada apa di Umbul Ponggok ? Kabupaten Klaten terletak di lereng Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Hal itu memang tidak bisa dipungkiri menimbulkan kekhawatiran yang mendalam bagi warga yang tinggal di dekat Gunung Merapi. Namun hal itu juga menjadikan berkah tersendiri bagi warga lainnya karena ternyata beberapa tempat di Kabupaten Klaten terdapat umbul atau sumber mata air yang deras dan jernih. Sumber air ini dapat dimanfaatkan warga masyarakat untuk mandi, cuci, masak, pengairan sawah dan juga dijadikan kolam ikan. Beberapa umbul yang ada di Klaten dijadikan sebagai pemandian umum seperti Umbul Ponggok, Pluneng, Cokrotulung, Jolotundo dll. 
Nah, salah satu Umbul yang saat ini sedang ngehits adalah Umbul Ponggok. Dahulu Umbul Ponggok hanyalah pemandian biasa yang banyak dimanfaatkan warga sekitar untuk mandi dan mencuci pakaian. Namun saat ini kodisinya berbeda jauh seratus delapan puluh derajat. Umbul Ponggok saat ini sudah ditata dengan rapi dan dijadikan sebagai tempat wisata Klaten yang potensial. Hal yang menarik dari Destinasi Wisata Klaten Umbul Ponggok adalah airnya yang jernih serta di bawah pemandian yang terdapat berbagai macam ikan air tawar. Pengunjung dapat snorkeling dan diving di kolam pemandian Umbul Ponggok ini. Bagi anda yang hobi fotografi pasti suka dengan Umbul Ponggok ini karena anda dapat mengambil foto bawah air yang sangat bagus. Selain berfoto dengan ikan yang ada di dalam kolam, tempat wisata di klaten umbul ponggok juga menawarkan berfoto dengan cara yang unik, seperti foto dengan motor di dalam air, main gitar di dalam air, dll. Tidak punya kamera underwater ? Tenang karena di sini juga ada persewaan atau tepatnya jasa foto bawah air yang sangat bagus. Jika tidak ingin sewa, anda juga dapat mensiasatinya dengan membeli alat khusus pelindung kamera dan handphone di sekitar wisata Umbul Ponggok jadi anda dapat memakai Handphone anda sendiri sebagai pengambil foto atau video. Menarik bukan ? Jika anda berminat datang berwisata ke Umbul Ponggok anda dapat langsung datang ke Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia.
Baca : Ayo Snorkeling ke Wisata Umbul Ponggok Klaten

3. Warung Apung Rowo Jombor / Jimbung



Sepertinya tidak banyak di Indonesia yang membuat Warung yang terapung di atas air. Hal ini ada di Kabupaten Klaten tepatnya di Obyek Wisata Klaten Rowo Jombor. Disini berjejer puluhan Warung apung yang menyediakan berbagai macam masakan berbahan baku ikan air tawar, dari mulai lele, nila, gurameh dll.Untuk menikmati warung apung ini gratis, namun tentu saja anda harus membeli makanan yang ada di warung ini. Berdasarkan pengalaman kami, masakan yang ada enak-enak kok. Bahkan sebagian ada yang didampingi dengan hiburan berupa orkes dangdut pada hari tertentu. Oh ya Lokasi Warung Apung Rowo Jombor / Jimbung ini berada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten atau sekitar 6 km ke arah selatan dari kota Klaten.
Baca : Warung Apung Rowo Jombor Klaten

4. Museum Gula Jawa Tengah



Museum Gula Jawa Tengah lebih banyak dikenal masyarakat sebagai Museum Gula Gondang Winangoen atau Museum Gula Klaten. Hal itu karena museum ini terletak di Pabrik Gula Gondang Winangoen milik PTPN IX. Lokasi Museum Gula Jawa Tengah terletak di Jalan Raya Jogja – Solo Km. 25, Klaten – Jawa Tengah. Karena berupa museum, maka di tempat ini banyak disimpan berbagai macam benda bersejarah yang ada hubungannya dengan industri gula dan perkembangannya. Diantara barang kuno koleksi dari Museum Gula Jawa Tengah adalah peralatan mesin giling yang tidak terpakai, lokomotif pengangkut tebu zaman dulu, maket pabrik gula, macam-macam jenis tebu dll. Selain museum, di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru juga terdapat Agrowisata Gondang winangoen yang menawarkan wisata keluarga yang menarik serta rest area dan kopi Banaran Cafe. Di Agrowisata Gondang Winangoen anda dapat mengajak putra-putri anda bermain di beberapa permainan adventure serta berenang di kolam renang yang juga disediakan. Bagi anda yang sedang melintas di ruas jalan Yogya Solo dapat mampir disini sekedar melepas penat dan menikmati secangkir kopi atau teh.
Baca : Museum Gula Jawa Tengah dan Agrowisata Gondang Winangoen

5. Pemandian Umbul Cokro Tulung



Pemandian Cokro Tulung merupakan sebuah pemandian yang terdapat di Desa Cokro Kecamatan Tuung Kabupaten Klaten. Di Tempat wisata klaten pemandian Cokrotulung ini terdapat kolam dengan sumber airnya berasal dari air tanah yang masih asli. Hal ini menciptakan kesegaran tersendiri apabila mandi di pemandian ini. Lokasi umbul Cokro Tulug ini ramai dikunjungi pada saat menjelang Bulan Ramadhan. Hal itu karena di Klaten ada tradisi bahwa sebelum melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan maka kita dianjurkan meakukan "Padusan". Padusan pada dasarnya kegiatan menyucikan jiwa dan raga kita dalam menyambut Bulan Puasa yang penuh berkah. Bahkan pada saat padusan anda dapat menikmati sajian orkes dangdut yang biasanya disediakan oleh pihak pengelola.
Baca : Wisata Pemandian Umbul Cokro Tulung Klaten

6. Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo



Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo merupakan fasilitas kolam renang yang disediakan oleh Hotel Galuh Prambanan yang beralamatkan di Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454. Namun tempat ini sudah dikembangkan oleh pengelola untuk masyarakat luas sebagai wisata keluarga di Klaten yang mengasyikkan. Anda dan keluarga dapat menikmati berenang di tempat ini dengan berbagai permainan air yang beragam. Di lokasi ini bisa dikatakan sebagai mini waterboom, sehingga banyak orang yang datang ke lokasi ini.

7. Umbul Jolotundo



Seperti kami smpaikan di awal bahwa Kabupaten Klaten diberkahi dengan banyaknya umbul atau sumber air di beberapa tempat. Salah satu umbul yang juga terkenal di Kabupaten Klaten adalah Umbul Jolotundo. Wisata Klaten Umbul Jolotundo ini terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Jika anda menempuh jalur aternatif Boyolali-Klaten lewat Jatinom maka anda akan melewati Umbul Jolotundo ini. Air di Umbul Jolotundo ini sangat jernih sehigga menarik minat wisatawan terutama dari daerah Klaten sendiri. Umbul Jolotundo akan semakin ramai pada waktu menjelang Bulan Ramadhan karena banyak orang melakukan aktifitas padusan.

8. Kawasan Pemancingan Janti



Wisata Mancing di Kabupaten Klaten selain di Rowo Jombor adalah di Kawasan Pemancingan Janti. Kenapa kami sebut dengan kawasan pemancingan karena di tempat ini ada puluhan tempat pemancingan yang menyediakan fasilitas mancing dan makan makanan air tawar. Sesuai dengan namanya, Kawasan Pemancingan Janti terletak di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Bisa anda bayangkan, satu desa namun di hampir semua rumah memiliki kolam pemancingan dan warung makan. Jika anda kesana anda tinggal memilih tempat mana yang paling asyik untuk bersantai bersama rombongan anda. Beberapa warung makan menyediakan fasilitas tambahan seperti kolam renang, arena bermain dll. Di lokasi wisata pemancingan Janti ini anda dapat memancing sepuasnya, jika dapat ikan lalu nanti ditimbang dan kemudian dibayar sesuai dengan harga yang sudah ditentukan. Jika lapar anda tinggal meminta penjual memasakkan ikan sesuai selera, ada lele, nila, gurameh dll. Kawasan Pemancingan Janti ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi ketika merayakan ulang tahun, perpisahan, reuni, atau acara kantor bersama rekan-rekan semua. 

9. Candi Plaosan



Di daerah Kabupaten Klaten dan Sleman ada banyak sekali ditemui candi-candi peninggalan peradaban masa lampau. Salah satu yang cukup unik adalah Candi Plaosan. Lokasi Candi Plaosan adalah di Jalan Candi Plaosan, Bugisan, Prambanan, Kabupaten Klaten. Tempat Wisata di Klaten Candi Plaosan terletak hanya beberapa km dari Candi Prambanan. Namun memang pengunjung dari Candi Plaosan ini tidak seramai Pengunjung Candi Prambanan. Jika anda penggemar sejarah anda harus berkunjung ke candi Plaosan ini karena dapat menambah wawasan kebudayaan Indonesia. Candi Plaosan ini sangat unik karena disana ada dua buah candi dengan bentuk yang mirip sehingga bisa dikatakan kalau Candi Palosan ini merupakan candi kembar.
Baca : Wisata Candi Plaosan di Klaten Jawa Tengah

10. Candi Sewu



Berdasarkan kisah asal usul Candi Prambanan, Bandung Bondowoso gagal memenuhi permintaan seribu candi Roro Jonggrang, maka Bandung Bondowoso kemudian mengutuknya menjadi batu. Dari kisah inilah nama Candi Sewu diberikan. Candi Sewu merupakan kumpulan candi candi kecil dalam jumlah banyak. Meskipun jumlahnya tiak sampai seribu sih, namun tetap saja dinamai Candi Sewu yang dalam bahasa Indonesia berarti Seribu. Obyek Wisata Klaten Candi Sewu merupakan kompleks candi yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan. Bahkan bisa dikatakan kalau Candi Sewu ini masih satu kompleks dengan Candi Prambanan. Kompleks Candi Prambanan ini terbagi menjadi dua wilayah yaitu Kabupaten Klaten Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jadi jika anda berkunjung ke Candi Prambanan anda dapat juga mengunjungi Candi Sewu ini. Di Candi Prambana tersedia kereta wisata yang siap mengantar anda berkeliling termasuk ke Candi Sewu ini. Selain Candi Sewu, candi lain yang juga ada di Kawasan Candi Prambanan adalan Candi Bubrah dan Candi Lumbung. 

11. Candi Merak



Banyak yang belum mengetahi tentang keberadaan tempat wisata daerah klaten Candi Merak ini. Wisata sejarah Klaten Candi Merak ini merupakan sebuah candi yang dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno tepatnya pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Lokasi Candi MErak ini tepatnya berada di Pedukuhan Candi, Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Saat ini Candi Merak dikelola oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Provinsi Jawa Tengah. Wisata Klaten berupa Candi Merak ini sangat cocok apabila dijadikan sebagai wosata sejarah bagi siswa-siswi di Klaten dan sekitarnya. Selain dapat menikmati keindahan candinya, siswa juga dapat mempelajari tentang sejarah masa lalu dari Bangsa Indonesia.

12. Riverboarding di Kali Pusur



Ada banyak cara untuk menikmati keindahan aliran air sungai yang bersih dan jernih. Di banyak tempat sudah duluan ngetrend dengan rafting atau arung jeram. Lokasi rafting biasanya di sungai yang memiliki aliran sungai yang curam. Di Sungai Oya Gunung Kidul Yogyakarta terdapat river tubing yaitu menyusuri sungai Oya dengan meggunakan ban bekas. Nah di Klaten juga terdapat cara lain utnuk menikmati sungai yaitu dengan rivertubing. Rivertubing merupakan menyusuri sungai menggunakan papan, mirip dengan papan seluncur. Sungai yang menyediakan wisata ini terdapat di Sungai Pusur Klaten sehingga wisata ini terkenal dengan Riverboarding Kalipusur Klaten. Riverboarding Kalipusur Klaten dikelola oleh PASMAJA RIVERBOARDING, sebuah kelompok bisnis wisata lokal di Klaten yang awalnya merupakan kelompok pecinta alam. Sekretariat Pasmaja Klaten sendiri adalah adalah di Jl. Veteran 78 Ngingas Kidul, Barenglor, Klaten Utara, Klaten (Samping PMI Cabang Klaten). Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang Riverboarding di Kali Pusur Klaten ini anda dapat mempelajarinya di media sosial mereka yang beralamat di :
https://twitter.com/pasmajariver
https://web.facebook.com/pages/FUN-Riverboarding-PUSUR-Klaten

13. Taman Lampion Klaten



Pernah dengar ada Taman Lampion di Klaten ? Jika belum, anda harus update informasi obyek wisata di Kabupaten Klaten. Taman Lampion adalah sebuah icon wisata baru yang terdapat di Kota Klaten tepatnya di Bareng Lor, Klaten Utara belakang kantor PMI. Taman Lampion merupakan sebuah taman kota di KLaten yang diberi sentuhan khas berupa lampion yang menarik sekali apabila dilihat pada malam hari. Tujuan awal dari pembangunan taman ini adalah untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Klaten. Waktu terbaik untuk datang ke Taman Lampion adalah pada waktu sore sampai malam hari karena pada malam hari akan ada banyak lampu berwarna warni yang akan menambah semarak Taman LAmpion Bareng Lor ini. Pada siang hari suasana masih panas karena pepohonan yang ditanam di taman ini masih kecil jadi belum bisa diandalkan sebagai peneduh taman ini.

14. Deles Indah



Seperti telah kami sampaikan diatas bahwa Kabupaten Klaten berada di lereng Gunung Merapi. Ada beberapa spot yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk menikmati sejuknya dan indahnya pemandangan Gunung Merapi. Jika di Yogyakrta ada Kaliurang yang terkenal dengan pemandangan Gunung Merapi yang indah, di Klaten ada Deles Indah. Tempat Wisata Klaten Deles Indah merupakan sebuah lokasi wisata di Kabupaten Klaten dimana di tempat ii pengnjung dapat menikmati sejuknya suasana Gunung Merapi dan pemandangan Gunung Merapi dari bawahnya. Alamat Wisata Klaten Deles Indah adalah di Desa Sidorejo, Kemalang, Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Di Kawasan Wisata Deles Indah Klaten ini terdapat beberapa spot wisata yag dapat anda kunjungi, yaitu Bekas Pesanggrahan Pakubuwana X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno, Taman Ngajaran, Taman Pring Cendani dan juga Goa Sapuangin. Namun sayangnya Wisata Deles Indah ini sering dimanfaatkan sebagai tempat pacaran anak muda mudi di Klaten. Hal itu menjadi sedikit merusak image Deles Indah sebagai Wisata Alam Klaten yang Indah.

15. Ziarah ke Makam Ki Ageng Gribig jatinom



Ki Ageng Gribig merupakan seorang ulama penyebar Agama Islam di daerah Klaten yang masih keturunan Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Makam ini akan ramai dikunjungi pada malam Jumat legi dan Jumat kliwon. Selain itu di lokasi ini terdapat tradisi unik yaitu pembagian apem yang dilaksanakan pada hari Jumat, sekitar tanggal 15 Bulan Sapar dalam penanggalan Jawa, berlokasi di dekat makam Ki Ageng Gribig. Acara ini disebut dengan Ya qowiyu.  Acara Yaqowiyu di Jatinom Klaten ini menjadi salah satu agenda wisata yang sudah menjadi Icon Kabupaten Klaten karena unik dna tidak terdapat di daerah lain. Oleh karena itu tak ada salahnya jika anda sekali-sekali menyaksikan langsung kegiatan budaya ini 

16. Wisata Religi ke Makam Sunan Tembayat



Makam Sunan Tembayat terletak di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Sunan Tembayat merupakan seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di Klaten. Sunan Tembayat awalnya seorang Adipati di Semarang bernama Pandanaran. Adipati Pandanaran pindah ke Bayat karena hendak menuntut ilmu Agama Islam kepada Sunan Kalijaga. Masih ingat dengan asal-usul Kota Salatiga ? Ya Sunan Tembayat merupakan bagian dari kisah ini. Gunung Jabalkat yang terdapat dalam cerita itu merupakan bukit saat ini makam Sunan Tembayat berada. Biasanya Makam Sunan Tembayat ini dijadikan sebagai satu paket wisata religi ziarah Walisongo. Banyak warga yang berkunjung ke makam ini. Sebagian memiliki niat yag lurus karena ingin berziarah ke salah satu ulama yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa. Namun tak sedikit pula yang memiliki niat untuk ngalap berkah di Makam Sunan Pandanaran Ini.

17. Lepen Kencono



Kabupaten Klaten memang diberkahi dengan berbagai macam wisata air yang menarik. Salah satu wisata air baru di Klaten adalah Lepen Kencono. Lepen Kencono adalah sebuah wisata Klaten yang berupa sungai dengan air yang jernih karena berasal dari mata air Si Gedang. Mata air Si Gedang ini selain mengalir ke aliran sungai juga sebagian dimanfaatkan untuk membuat air minum dalam kemasan sebuah perusahaan terkemuka di Indonesia. Di Lepen KEncana anda dan putra-putri anda dapat bermain dengan aman karena aliran air tidak terlalu dalam dan tidak deras juga. Di beberapa tempat juga sudah disediakan beberapa fasilitas pendukung seperti slider, jembatan goyang dll. Alamat dari obyek wisata Klaten Lepen Kencana adalah di Desa Polanharjo, Klaten.
Kabupaten Klaten sebagai daerah tujuan wisata tentu saja juga sudah menyediakan fasilitas penginapan yang tersebar di beberapa wilayah di Klaten. Jika anda berkunjung ke Kabupaten Klaten jangan sampai lupa untuk mencoba kuliner Klaten yang sangat enak. Ada banyak kuliner dan jajanan Khas Klaten yang dapat anda coba dan dapat pula dijadikan sebagai oleh-oleh. 
Baca juga
Kuliner Klaten dan Produk Unggulan Khas Klaten
Daftar Nama Hotel di Klaten Beserta Alamatnya

Demikian tadi 17 Tempat Wisata Klaten Pilihan Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan semoga bermanfaat untuk anda bagi yang mau berkunjung ke Kabupaten Klaten. Diluar 17 tempat wisata diatas, masih ada berbagai macam wisata sekitar Klaten yang dapat anda kunjungi.

Popular Post