Selasa, 09 Mei 2023

Wisata Lereng Kelir di Semarang Dengan Pemandangan Yang Indah Dari Atas

 Wisata Lereng Kelir di Semarang Dengan Pemandangan Yang Indah Dari Atas, Tempat Wisata Terindah - Wisata dengan konsep gardu pandang saat ini tengah menjadi populer di Indonesia. Wisata semacam itu dapat ditemukan di banyak daerah, termasuk di Wilayah Kabupaten Semarang. Salah satunya adalah Lereng Kelir, sebuah destinasi yang masih menjadi favorit para milenial. Wisata Lereng Kelir ini beralamatkan di Dusun Gertas Desa Brongkol Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Dari pusat Kota Semarang, Wisata Lereng Kelir dapat dicapai dalam waktu sekitar dua jam. Namun, setelah sampai di lokasi parkir, pengunjung harus berjalan kaki dan mendaki selama 1,5 jam melalui Dusun Gertas untuk mencapai gardu pandang yang berada di atas bukit dengan ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut.


Dari gardu pandang di Lereng Kelir, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam pegunungan yang indah, seperti danau Rawa Pening, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan kota-kota di sekitarnya seperti Ambarawa dan Salatiga. Tidak jauh dari lokasi gardu pandang, terdapat area camping seluas 600 meter persegi, yang dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin berkemah atau sekedar menikmati suasana malam di area puncak. Para pemuda setempat juga telah membuat area selfie atau swafoto agar pengunjung dapat mengabadikan kenangan di tempat ini.


Wisata Lereng Kelir di Semarang


Camping di Lereng Kelir di Semarang


Di dekat gardu pandang, terdapat warung kopi yang dioperasikan oleh para pemuda Dusun Gertas, yang menjadikan pengunjung yang ingin menikmati kopi di atas bukit menjadi sensasi tersendiri. Warung kopi tersebut bernama Hilside Caffe Lereng Kelir. Disarankan kepada pengunjung agar menyiapkan staminanya sebelum ke Lereng Kelir, karena jalan setelah dari dusun ke lokasi tersebut cukup terjal dan dapat menguras tenaga.


Di sepanjang jalan menuju Lereng Kelir, juga terdapat tanaman kopi jenis robusta milik warga setempat. Pada 2018, kopi yang berasal dari Dusun Gertas termasuk dalam urutan sepuluh besar kopi terbaik Indonesia The Best Indonesian Coffee tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) dan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI). Selain kopi, Dusun Gertas juga terkenal dengan buah durian yang memiliki cita rasa khas Durian Brongkol yang sudah terkenal akan kualitasnya. Desa wisata Gertas Lereng Kelir juga menawarkan paket wisata, seperti pengolahan kopi, cara berternak kambing, dan hiking, dimana para pengunjung berjalan kaki menuju puncak Lereng Kelir menyusuri perkebunan kopi dan durian untuk menikmati panorama alam.

Untuk mencapai Lereng Kelir, pengunjung harus bersiap-siap untuk mendaki selama 1,5 jam dari Dusun Gertas. Perjalanan yang terjal dapat menguras tenaga, sehingga disarankan untuk mempersiapkan staminanya terlebih dahulu. Namun, setelah sampai di puncak gardu pandang, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah dan panorama alam yang memukau, seperti danau Rawa Pening, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, serta kota-kota di sekitarnya seperti Ambarawa dan Salatiga.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen di area swafoto atau selfie yang disediakan oleh para pemuda setempat. Terdapat juga Hilside Caffe Lereng Kelir yang didirikan oleh para pemuda Dusun Gertas, sehingga pengunjung dapat menikmati kopi di atas bukit dengan suasana yang menenangkan.

Demikian tadi merupakan artikel kami tentang Wisata Lereng Kelir di Semarang dengan pemandangan yang indah. Silakan untuk dikunjungi bersama orang tercinta anda.