Minggu, 11 Januari 2015

Wisata Ke Kebun Binatang Bandung Yang Bagus

Wisata Ke Kebun Binatang Bandung Yang Bagus, Tempat Wisata Terindah - Kebun Binatang Bandung adalah salah satu obyek wisata alam yang terdiri dari flora dan fauna yang berada di kawasan kota Bandung, Jawa barat. Alamat lengkap Kebun Binatang Bandung adalah di Jl. Tamansari, Bandung, Jawa Barat. (Baca : Tempat Wisata Unggulan Jawa barat )

Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung ini pada mulanya telah dikenal dengan nama derenten yang artinya adalah kebun binatang. Wisata Kebun Binatang Bandung tersebut telah didirikan sejak pada tahun sekitar 1930 oleh Bandung Zoological Park yang telah dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Sedangkan untuk pengesahan pendirian Kebun Binatang ini telah diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang mana pengesahannya telah dituangkan pada keputusan 12 April 1933 dengan No.32. Dulu pada saat bangsa Jepang telah menguasai daerah ini, tempat wisata ini dibiarkan dan kurang terkelola, sehingga pada tahun 1948 mulai dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi dari tempat wisata tersebut.

Kemudian pada pada tahun 1956 atas sebuah ide dari R. Ema Bratakoesoema, Bandung Zoological Park telah dibubarkan dan selanjutnya diganti dengan nama menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari pada tahun 1957.

Fungsi Kebun Binatang Bandung

Sedangkan untuk fungsi dari kebun binatang Bandung ini bagi masyarakat adalah terbagi sebagai berikut :

Sebagai Fungsi kebudayaan : Kebun Binatang Bandung ini dijadikan sebagai salah satu tempat rekreasi yang mana didalamnya telah dilengkapi dengan wahana pergelaran seni budaya. Sehingga tentunya juga mempunyai fungsi kebudayaan, yakni dapat menanamkan kesadaran dan rasa cinta tanah air dengan melalui berbagai pengamatan dan juga pemahaman terhadap kekayaan budaya, juga pengamatan dan pemahaman terhadap kekayaan flora maupun faunanya.

Sebagai Fungsi pendidikan dan Iptek : Kebun Binatang Bandung merupakan sebuah wahana yang dapat dimanfaatkan oleh para kalangan edukatif untuk menambah pengetahuan dan juga untuk menghasilkan butir-butir pengetahuan baru yang pastinya dapat bermanfaat dan juga sangat berguna bagi kehidupan masyarakat sekitar. Wisata berupa Kebun Binatang Bandung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obyek riset atau penelitian di berbagai keilmuan.

Sebagai Fungsi perlindungan dan pelestarian kekayaan alam : Kebun Binatang Bandung yang mana sebagai tempat dengan wahana flora dan fauna yang telah dikembangkan dan juga dilestarikan, serta berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan berbagai satwa flora dan fauna dengan tujuan menjaga kekayaan alam.

Sebagai Fungsi rekreasi : Kebun binatang bandung tentunya juga mempunyai fungsi sebaga tempat rekreasi bagi masyarakat.

Selain lokasi kebun binatang yang memang mudah dijangkau, yakni terletak di antara Institut Tekhnologi Bandung (ITB) dan juga sungai cikapundung, atau lebih tepatnya di area tamansari, sehingga untuk harga tiket masuknya pun juga relatif murah sehingga menjadi nilai lebih dari objek wisata yang berada di kota Bandung hingga menjadikan objek wisata kebun binatang Bandung tersebut menjadi salah dari tempat wisata favorit warga Bandung terutama pada hari libur kerja, hari libur sekolah dan juga saat hari raya.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung

Untuk memasuki Tempat wisata kebun binatang Bandung, anda hanya perlu membayar harga tiket sebesar Rp 20.000,-/orang untuk setiap pengunjung dengan usia di atas 3 tahun dan gratis untuk anak dibawah 3 tahun. Pertanyaan lain yang sering muncul dari pengunjung adalah kebun binatang bandung buka jam berapa ? Sebagai informasi, Kebun Binatang Bandung Buka Setiap hari jam 08.00-16.00 WIB.

Gambar Lokasi Kebun Binatang Bandung


Demikianlah ulasan tentang Kebun Binatang Bandung.