Jumat, 27 Juli 2018

Tempat Wisata Mojokerto Yang Kental Dengan Nuansa Sejarah

Tempat Wisata Mojokerto Yang Kental Dengan Nuansa Sejarah, Tempat Wisata Terindah - Mojokerto merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur dan juga dekat dengan kota besar yaitu Surabaya. Seperti beberapa kota lainnya yang ada di tanah Jawa, Mojokerto juga memiliki obyek wisata yang cukup banyak serta memiliki benda-benda sejarah yang menarik. Hal itu karena Kabupaten Mojokerto merupakan lokasi dimana terdapat Situs Trowulan dimana dahulu pernah berdiri Kerajaan Majapahit.

Jika anda ingin datang ke sini dan tidak tahu apa saja objek wisata yang menarik di Mojokerto, maka anda perlu menyimak artikel ini sampai akhir karena kami akan memberikan beberapa daftar Tempat Wisata Sejarah Mojokerto yang wajib Anda kunjungi.

1.    Reco Lanang 

Reco Lanang

Objek wisata sejarah di Mojokerto pertama ini merupakan destinasi wisata sejarah yang ada di Mojokerto, karena di tempat ini ada sebuah arca yang dibuat dari batu yang bernama andesti.  Arca tersebut merupakan sebuah gambaran dari salah satu dhyani Buddha yang bernama Akshobhya. Akshobhya ini adalah penguasa arah mata angin yang ada di sebelah timur menurut agama Buddha. Ketinggian dari Arca ini yaitu setinggi 5,7 meter sehingga membuatnya terlihat lumayan besar.
Saat ini banyak pemahat lokal di Trowulan yang mahir membuat Arca yang menyerupai peninggalan Kerajaan Majapahit tersebut, sehingga tak heran jika banyak pembeli yang ingin memasang patung menyerupai Arca aksobhya tersebut.

Letak dari peninggalan sejarah ini yaitu di desa kemloko yang ada di kecamatan Trawas atau sekitar 40 km jaraknya dari pusat Kota Mojokerto.

2.    Candi Jalatunda 

Candi Jalatunda


Letak dari Candi ini yaitu di sebuah lereng gunung bekal yang merupakan salah satu Puncak yang ada di pegunungan Penanggungan. Karena letak dari Candi ini di ketinggian, maka hal ini bisa menawarkan udara sejuk dari Kompleks candi ini, sehingga bisa membuat para para wisatawan menjadi ingin berlama-lama di tempat ini.
Candi ini terletak di kecamatan Trawas atau lebih tepatnya di desa seloliman. Bangunan candi yang megah ini terbuat dari batu kali dan memiliki tinggi sekitar 5,2 meter, panjang 16,8 meter dan lebar 13,5 meter.

3.    Candi Bajang Ratu 

Candi Bajang Ratu


Candi ini merupakan candi yang terbuat dari batu bata yang berwarna merah dan memiliki ketinggian hingga 16 meter serta lebar dari bangunan ini mencapai 6 meter dan panjangnya 6,7 meter
Candi cantik ini juga memiliki bangunan yang menyerupai gapura paduraksa , karena Candi ini memiliki sayap di samping kanan maupun kiri. Candi ini juga memiliki relief matahari yang diapit naga, binatang bertelinga panjang, kepala Garuda dan kepala kala yang diapit oleh singa.
Selain itu ada juga pahatan relief cerita Rama yang berada di bagian sayap serta ada juga cerita Sri Tanjung yang berada di bagian kaki Candi.

Nah itu tadi destinasi wisata sejarah yang “unik” dari kota Mojokerto, semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk anda yang mau berlibur ke Kota Mojokerto.