Menelusuri Keindahan Batak di Hutan Bolon

shares |

Menelusuri Keindahan Batak di Hutan Bolon, Tempat Wisata Terindah - Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan, dengan berlibur kita dapat menambah keakraban dan keharmonisan anggota keluarga, selain itu berlibur juga memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu menghilangkan rasa stres yang kita alami karena permasalah yang kita hadapi seperti permasalahan yang ada di kerjaan serta masalah kepribadian lainnya.

Jika anda ingin berlibur tetapi belum tahu mau pergi ke mana mungkin salah satu tempat wisata yang akan kami ulas kali ini akan menambah daftar tempat wisata yang dapat anda kunjungi yaitu Sumatera Utara, Provinsi yang ada di pulau Sumatera ini anda jadikan referensi untuk berkunjung di Sumatera Utara, sebuah danau yang merupakan danau terbesar di Asia tenggara yaitu Danau Toba yang merupakan danau terkenal akan sebuah legendanya.

Hutan Bolon

Hutan Bolon



Hutan Bolon



Selain itu Danau Toba juga memiliki keindahan dan keunikan budaya setempat dapat menambah sensasi berlibur kita, sebenarnya Danau Toba itu bentuk akibat ledakan yang sangat dasyat pada puluhan ribu tahun yang lalu, ledakan itu mengakibatkan banyak penduduk sekitar meninggalkan tempat itu dan ledakan tersebut membentuk sebuah cekungan dan berisi air yang terkenal dengan Danau Toba.

Keindahan itu masih memiliki potensi ledakan karena masih mengandung magma, oleh karena itu di tengah-tengah Pulau tersebut kini muncul gumpalan tanah yang disebut sebagai Pulau Samosir. Sumatera Utara sendiri terkenal akan suku Batak, suku Melayu akan tetapi juga ada suku yang lain yaitu suku Batak yang terletak di Sumatera Utara, Pulau Samosir sendiri merupakan pulau asal dari orang-orang Batak yang tersebar luas di pulau Sumatera.

Di ketinggian 1800 m diatas permukaan Danau Toba, telah berdiri suatu desa yang bernama Desa sianjur yang merupakan perkampungan pertama dari masyarakat Batak,  di Sumatera Utara tengah terdapat sebuah museum yaitu museum Huta Bolon atau kelurahan simanindo Kabupaten Samosir, Sumatera Utara terdapat benda-benda peninggalan budaya Batak etnis dan masih terjaga tradisinya, selain menyimpan berbagai benda bersejarah di Museum Huta Bolon ini terdapat rumah adat warisan raja sidauruk yang berdiri sejak 1969, museum ini buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 serta di pungut biaya sekitar Rp30.000.

Anda akan disajikan berbagai tradisi yang sangat keren seperti tarian khas Batak, tarian ini akan selalu ditampilkan pada pukul 11.45 akan tetapi tidak akan ditampilkan pada hari Minggu, Selain itu ketika anda berkunjung ke Museum ini anda akan ditampilkan dengan sigale-gale.

Sigale-gale adalah kebudayaan Batak Toba yang dibanggakan, yang merupakan salah satu boneka bergerak dan memiliki cerita mistis di dalamnya, cerita tersebut merupakan salah satu kasih sayang orang tua kepada anaknya yang sangat besar dan tak pernah Berujung, kisah ini bermula saat sang raja yang sakit-sakitan karena ditinggal mati oleh Putra tercintanya akibat peperangan, Putra tersebut bernama manggaleh.

Demikian ulasan mengenai menelusuri Batak di Huta Bolon, semoga dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan Anda dan terima kasih.


Wisata Yang Berhubungan