Minggu, 13 Agustus 2017

Mitos dan Misteri di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah

Misteri di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Kita sudah mengetahui bahwa Gunung Lawu merupakan gunung yang ada di pulau Jawa, tepatnya di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Letak dari Gunung Lawu ini yaitu antara dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Magetan Jawa Timur dan juga Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Ada banyak sekali tempat wisata yang terdapat di Gunung Lawu ini, seperti Grojokan Sewu, Pendakian Gunung Lawu, Telaga Sarangan, Candi Sukuh, Candi Cetho, Kebun Teh Kemuning dll. Selain memiliki tempat wisata yang indah, wilayah di sekitar gunung Lawu juga menyimpan cerita misteri tersendiri. Beberapat tempat wisata di Karanganyar Pilihan dapat dilihat pada Artikel Ini.


Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah

Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah

Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah


Status dari gunung ini yaitu gunung api yang sedang beristirahat dan telah lama tidak aktif, namun Gunung ini memiliki banyak wisata yang disuguhkan, selain itu ada pula mitos dan juga Misteri Dari Gunung ini dari masing-masing tiga puncaknya. Ketiga Puncak Gunung Lawu ini adalah Puncak utama yang juga dianggap sebagai tempat sakral di tanah Jawa pertama, yaitu Harga Dalem yang juga diyakini masyarakat sebagai tempat pamoksan Prabu Brawijaya Pamungkas. Kemudian Puncak yang kedua yaitu Harga Dumiling yang diyakini sebagai tempat pamoksan Ki sabdopalon. Sedangkan puncak yang ketiga adalah Harga Dumilah yang merupakan tempat yang banyak misterius yang sering digunakan sebagai ajang menjadi kemampuan olah batin dan meditasi. Harga Dumilah juga banyak dikunjungi para pendaki gunung yang jalur pendakiannya melalui Cemoro Sewu di Karanganyar.

Selain itu ada beberapa tempat lain yang diyakini misterius atau angker oleh penduduk setempat yaitu misalnya Sendang Drajat, sumur jalatunda, kawah Candradimuka, Sendang Intan, Sendang panguripan, cokrosuryo dan juga Pringgondani. Kisah Misteri Dari Gunung Lawu yaitu dimanapun kita tinggal dan dimanapun kita menumpang biarpun hanya sekedar lewat yang paling utama adalah meminta izin terlebih dahulu kepada pihak tersebut. Seperti kisah misteri yang ada di Gunung Lawu ini karena sangat banyak sekali pantangan yang harus kita patuhi saat ingin berkunjung di Gunung Lawu ini, karena disini kita tidak boleh berbicara secara sembarangan. Saya rasa hal ini sudah menjadi hal yang wajib karena tidak hanya di puncak gunung saja yang harus menjaga perkataan.

Selain memiliki panorama alam yang indah dan juga memiliki objek wisata yang menarik bagi wisatawan, Gunung Lawu di Karanganyar Jawa Tengah ini juga kerap disambangi oleh para peziarah yang ingin mencari objek-objek sakral bersejarah di Gunung Lawu. Biasanya tempat sakral di Gunung ini berada di petilasan-petilasan Raden Brawijaya yaitu seperti pertapaan Raden Brawijaya. Konon yang ada di lingkup ini merupakan petilasan Prabu Brawijaya yaitu bekas Raja Majapahit yang lebih dikenal sebagai Sunan Lawu. Dulunya tempat ini akan tempat pertama pertapaan Sunan Lawu tersebut yang berada di harga dalem yang tertinggi nomor dua di Gunung Lawu.

Selain itu di Gunung ini juga banyak menyimpan berbagai macam peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit, seperti candi Sukuh dan juga Candi Cetho. Gunung ini merupakan gunung yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar terutama penduduk yang berada di kaki gunung, jadi tak heran bila Saat memasuki bula-bulan sakral seperti bulan Suro banyak yang datang yang melakukan ritual-ritual tertentu. Apalagi para peziarah yang datang dari daerah yang dekat dengan gunung Lawu yaitu Tawangmangu, Karanganyar, Madiun, Nganjuk dan juga Semarang. Mereka datang jauh-jauh ke Gunung Lawu terutama meminta keselamatan dan kesejahteraan hidup didunia, dasarnya mereka datang ke tempat keramat seperti petilasan Raden Brawijaya ataupun candi-candi.

Demikian tentang beberapa mitos dan juga misteri dari gunung lawu, semoga bermanfaat bagi anda semua.