Rabu, 30 Agustus 2017

27 Wisata Purbalingga Paling Populer Untuk Liburan

27 Wisata Purbalingga Paling Populer Untuk Liburan, Tempat Wisata Terindah - Jawa Tengah memang banyak terdapat tempat wisata yang sangat populer. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga jawa Tengah. Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Jawa tengah. Jangan sampai keliru dengan Probolinggo ya. Kalau Probolinggo merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di Jawa Timur. Kabupaten Purbalingga berbatasan dengan kabupaten Pemalang di sebelah utara, dengan Kabupaten banjarnegara di sebelah timur dan selatan, dan dengan kabupaten Banyumas di sebelah barat dan selatan. Dalam artikel ini akan kami bahas tentang 27 tempat wisata di kabupaten Purbalingga jawa Tengah yang paling populer.

27 Wisata Purbalingga Jawa Tengah Paling Bagus


1. Owabong

Owabong


Wisata favorit yang ada di Kabupaten Purbalingga adalah Owabong. Owabong merupakan sebuah waterpark yang menawarkan berbagai macam wahana air yang cocok untuk semua umur. Di Owabong Waterpark anda dapat menemukan berbagai macam wahana seperti Fun rafting, Gokart dan juga tentu saja waterboom yang sangat bagus. Saat ini bisa dikatakan Owabong merupakan wisata andalan di Purbalingga. Hampir tiap hari wisata ini ramai dengan pengunjung yang datang dari Purbalingga sendiri maupun dari daerah lain. Jika anda inginmengunjungi Owabong di Purbalingga ini anda dapat datang ke Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga.

2. Goa Lawa

Goa Lawa



Lawa merupakan bahasa jawa dari kelelawar. Jadi bisa dipastikan Goa lawa di Purbalingga ini meruoakan goa yang banyak ditinggali kelelawar. Wisata Purbalingga Goa Lawa menjadi salah satu wisata yang juga diminati oleh masyarakat. Di Goa lawa ini anda dapat menyusuri ke dalam goa yang memiliki pemandangan yang indah. Dalam kawasan Goa Lawa ini juga terdapat sekitar 16 goa lainnya seperti Goa Angin, Goa Pos, Goa Lawang Kereta dll. Jadi dalam satu kawasan anda dapat menikmati beberapa goa alami yang indah ini.

3. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren



Salah satu tempat wisata yang masih baru di Purbalingga adalah puncak Sendaren. Puncak Sendaren memiliki pemandangan yang indah. Karena lokasinya berada di atas bukit, maka dari atas sini dapat melihat pemandangan pepohonan yang berada di bawahnya. Puncak Sendaren terkenal dengan adanya jembatan di atas awan. Selain itu anda dapat berfoto di beberapa spot yang menarik dan instagramable. Jika anda berminat anda dapat datang di alamat Puncak Sendaren di Dusun karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang Kabupaten purbalingga.

4. Sungai Watu Mujur

Sungai Watu Mujur



Sungai Watu Mujur di Purbalingga menjadi salah satu spot menarik untuk dikunjungi wisatawan karena disini memiliki aliran air yang sangat jernih dan segar. Selain itu pemandangan sekitar juga sangat menarik. Dinding sungai berupa tebing bebatuan yang indah serta di kanan kirinya ditumbuhi pepohonan yang rindang. Lokasi Sungai Watu Mujur ini adalah di Dusun Batur Desa Panusupan Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

5. Curug Sumba

Curug Sumba



Wisata alam lain yang ada di Purbalingga adalah di Curug Sumba. Tempat Wisata Purbalingga Curug Sumba juga memiliki aliran yang jernih dan segar karena berasal dari mata air alami dan masih terjaga keasriannya. Lokasi Curug Sumba adalah di Desa Tlahab Kidul Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Selain Curug Sumba, di Kabupaten purbalingga juga terdapat wisata dalam bentuk curug dengan pemandangan yang tak kalah menarik misalnya Curug Nini, Curug Tempuran, Curug Tuntung Laut, Curug Ciputut, Curug Nagasari, Curug Aul, Curug Panyatan, Curug Kalikarang, Curug Gogor, Curug Silintang, Curug Kecom, Curug Bandung, Curug Lintang, Curug Penisihan, Curug Sengon, Curug Pingit Kembar, Curug Lawang, Curug Lamuk Limpaktepus, Curug Siangin, Curug Celiling, Curug Nangga dll.

6. Rafting Sungai Klawing

Rafting Sungai Klawing



Saat ini banyak wisata arung jeram atau rafting yang dikembangkan di beberapa daerah. Di Kabupaten Purbalingga juga terdapat wisata rafting yang sangat bagus yaitu di Sungai Klawing yang memiliki arus yang deras. Rafting di Sungai Lawing ini sangat bagus karena dapat memacu adrenalin peserta dan juga dapat melatih kekompakan tim. Fasilitas yang ditawarkan di tempat rafting Sungai Klawing ini juga sangat lengkap. Bagi peserta yang ikut rafting disini mka akan mendapatkan welcome drink, snack, peralatan standard, instruktur, asuransi dll.

7. Agrowisata Lembah Asri

Agrowisata Lembah Asri



Tempat wisata alam di Purbalingga yang dapat anda nikmati selanjutnya adalah Agrowisata Lembah Asri yang menawarkan pemandangan yang sangat indah berupa Gunung Slamet yang menawan. Selain pemandangan berupa Gunung Slamet yang indah, di Agrowisata ini juga terdapat Kebun Strobery, melakukan outbond dan juga melihat kebun sayur yang dimiliki warga sekitar. Lokasi dari Agrowisata Lembah Asri sendiri berada di Desa Serang kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga.

8. Igir Wringin

Igir Wringin



Kalau anda melihat di beberapa postingan di Instagram, saat ini banyak orang yang memposting wisata alam berupa rumah pohon yang terdapat di atas bukit. Salah satu yang trkenal adalah yang terdapat di Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta. Di Purbalingga sendiri juga terdapat rumah pohon di atas bukit seperti itu, yaitu yang terdapat di Igir Wringin Purbalingga. Jika anda ingin berkunjung ke Igir Wringin, maka anda dapat langsung datang ke Desa Panusupan Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

9. Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta



Tempat wisata air yang baru-baru ini menjadi hits adalah foto bawah air yang terdapat di Umbul Ponggok yang berada di Klaten Jawa Tengah. Di tempat ini pengunjung dapat berfoto di bawah air dengan pemandangan yang menakjubkan. Nah di purbalingga ternyata juga ada tempat seperti ini yaitu terdapat di Situ Tirta Marta. Air dalam kolam ini sangat jernih, sehingga foto yang dihasilkan nampak bagus sekali. Sebagai properti tambahan anda dapat menggunakan sepeda atau sepeda motor yang tersedia di tempat itu. Lokasi dari Situ Tirta Marta sendiri terdapat di Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga.

10. Pendakian Gunung Slamet

Pendakian Gunung Slamet



Bagi yang memiliki hobi mendaki gunung, maka anda Gunung Slamet merupakan salah satu gunung yang wajib anda coba untuk daki. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Slamet masuk dalam wilayah 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Banyumas, Tegal, Purbalingga dan juga Kabupaten pemalang. Salah satu rute pendakian Gunung Slamet adalah yang melalui Purbalingga. Bisa dibilang Pendakian Gunung Slamet ini terbilang sulit, namun pemandangan di puncaknya sangat indah sehingga banyak diminati para pendaki dan pecinta alam.

11. Museum Uang

Museum Uang



Di Purbalingga terdapat sebuah wisata edukasi yang sangat unik yaitu Museum Uang. museum uang memiliki koleksi berupa berbagai macam jenis uang seperti uang dari berbagai negara dan juga uang kuno yang sangat bersejarah. Bahkan di museum Uang Purbalingga ini juga disimpan jenis uang dari zaman kerajaan Majapahit. Museum Uang di Purbalingga ini beralamat atau berlokasi di Jln. Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Menarik bukan ?

12. Taman Reptil Sanggaluri Park

Taman Reptil Sanggaluri Park



Jika anda berwisata ke Purbalingga maka jangan lewatkan untuk mendatangi salah satu tempat wisata yang berkonsep wisata edukasi yaitu di Taman Reptil Sanggaluri Park. Di Wisata Taman Reptil Sanggaluri Park anda dapat melihat koleksi berbagai macam reptil baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Lokasi dari Taman Reptil Sanggaluri Park sendiri adalah di desa kutasari Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga.

13. Kolam Renang Walik Purbalingga

Kolam Renang Walik Purbalingga



Selain Owabong, wisata air yang terdapat di Purbalingga adalah di Kolam Renang Walik Purbalingga. Kolam renang ini banyak menjadi tempat renang para warga di Purbalingga dan sekitarnya. Lokasinya cukup luas dan bersih. Lokasi Kolam Renang Walik Purbalingga sendiri ada di Desa Walik, Kutasari Kabupaten Purbalingga.

14. Museum Jenderal Soedirman

Museum Jenderal Soedirman



Museum Jenderal Soedirman di Purbalingga dibuat untuk mengenang jasa pahlawan nasional Jenderal Soedirman. Jenderal Soedirman merupakan salah satu pahlawan yang memiliki jasa luar biasa dalam rangka kemerdekaan RI. Museum Jenderal Soedirman berisi replika dari rumah kediaman Jenderal Soedirman lengkap dengan perabonya.

15. Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas



Purbasari Pancuran Mas menawarkan wahana wisata yang banyak digemari masyarakat. Salah satu wahana yang terdapat di Purbasari Pancuran Mas salah satunya adalah goa akuarium mini yang mirip dengan Sea World Jakarta.  Lokasi dari Purbasari Pancuran Mas adalah di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga

16. Tempat Wisata Baru di Purbalingga yang Instagramable


Selain Wisata Purbalingga diatas, ada beberapa wisata lain yang bisa dikatakan masih baru dikembangkan. Wisata ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai spot berfoto dan kemudian diupload ke sosial media seperti facebook, instagram dll. Istilah anak muda sekarang adalah instagramable. Berikut adalah beberapa Spot wisata baru di Purbalingga yang Instagramable.

Jembatan Cinta Pring Wulung

Jembatan Cinta Pring Wulung


Lokasi Wisata Jembatan Cinta Pring Wulung adalah di Panusupan RT. 3 RW. 4, Kecamatan Rembang, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Pojok Khayangan
Pojok Khayangan



Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Pojok Khayangan adalah di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Miniatur Rumah Burung Raksasa

 Miniatur Rumah Burung Raksasa


Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Miniatur Rumah Burung Raksasa adalah di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Puncak Batur

Puncak Batur


Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Puncak Batur adalah di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

Puncak Sibarat

Puncak Sibarat


Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Puncak  Sibarat adalah di kawasan Gunung Welud, Rembang, Purbalingga.

Jembatan Pelangi

Jembatan Pelangi


Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Jembatan Pelangi adalah di Dusun Sumingkir, Desa Bantarbarang, kecamatan Rembang Purbalingga, Jawa Tengah

Kampung Kurcaci
Kampung Kurcaci



Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Kampung Kurcaci adalah di Serang, Karangreja, Purbalingga

River Tubing Limbasari

River Tubing Limbasari


Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga River Tubing Limbasari adalah di Desa limbasari, Kecamatan Bobotsari Purbalingga.

Taman Pingit Kembar Batu Raksasa

Taman Pingit Kembar Batu Raksasa



Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Taman Pingit Kembar Batu Raksasa adalah di Desa Panusupan, Kec. Rembang Purbalingga.

Gardu Pandang Puncak Telkom

Gardu Pandang Puncak Telkom


Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Puncak Telkom adalah di Kutabawa, Karangreja, Purbalingga.

Watu Geong

Watu Geong


Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Watu Geong adalah di Ds. Gunung Welud, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah

Srimbar Jaya Hills

Srimbar Jaya Hills


Lokasi dari Tempat Wisata Purbalingga Srimbar Jaya Hills adalah di desa wisata Panusupan, Kec Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Baca juga :
12 Tempat Wisata Pemalang Paling Diminati
12 Wisata Tegal Paling  Bagus

Demikian tadi adalah informasi tentang 27 Wisata Purbalingga Paling Populer Untuk Liburan. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan anda yang sedang mencari refrensi tempat wisata di Purbalingga untuk liburan anda.