Sabtu, 08 Agustus 2015

Pendakian Gunung Prau Dieng dan Spot Indah Yang Akan Anda Lewati

Pendakian Gunung Prau Dieng dan Spot Indah Yang Akan Anda Lewati, Tempat Wisata Terindah - Dataran Tinggi Dieng memang meyimpan berbagai tempat-tempat indah yang menanti untuk dieksplore anda sekalian terutama bagi anda yang merasa sebagai pecinta alam. Kawasan ini memang diberkahi dengan berbagai pemandangan yang indah serta fenomena alam yang sangat menarik. Di Kawasan Dieng Plateau terdapat sebuah gunung yang memiliki puncak tertinggi di Dieng yaitu Gunung Prau. Gunung Prau ini tentunya mengundang pendaki dari berbagai daerah untuk mendaki dan menikmati keindahan alam yang disajikan. Meskipun belum sepopuler gunung lain seperti Gunung Lawua, Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan lannya, namun Gunung Prau ini cukup banyak pengunjungnya, karena keistimewaan pemandangan alamnya. Dilihat dari ketinggian tempatnya Gunung Prau juga relatif lebih pendek dibanding dengan Gunung di sekitarnya yang lebih terkenal, yaitu hanya 2.565 mdpl.

Pendakian Gunung Prau Dieng

Gunung Prau Dieng

Gunung Prau Dieng



Gunung Prau Dieng


Gunung Prau Dieng



Pembahasan tentang Pendakian Gunung Prau di Dieng ini tentunya tidak akan membahas tentang aspk teknis dalam pendakian GUnung Prau, namun lebih ke arah aspek keindahan alamnya, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari paket wisata di Dataran Dieng yang sudah sangat terkenal itu. Dalam jalur pendakian GUnung Prau ini anda akan mendapati beberapa spot yang sangat indah serta terkenal diantara pendaki. Spot-spot indah di Gunung Prau ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung dan rela mendaki Gunung Prau ini. Perlu anda ketahui bahwa Gunung Prau di Dieng ini memiliki bentuk yang memanjang dengan ukuran yang lumayan besar.  Wilayah di Gunung Prau ini ada yang masuk dalam wilayah Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang dan Kab. Kendal.

Jalur Pendakian Gunung Prau Lewat Dieng

Untuk dapat mendaki Gunung Prau di Dieng ini ada beberapa alternatif jalur pendakian yang dapat anda tempuh. Diantaranya adalah melalui jalur dengan start di Kendal, tepatnya di Desa Kenjuran Kecamatan Sukoreja. Dari titik ini anda harus melakukan perjalanan selama 6 jam untuk sampai ke puncak Gunung Prau. Jalur lain yang dapat anda tempuh adalah melalui jalur di DIeng yang merupakan favorite jalur endakian Gunung Prau. Titik pendakin jalur pendakian gunung prau wonosobo di Dieng dimulai dari Desa Patak Banteng dimana waktu tempuh perjalanan ke puncak Gunung Prau hanya sekitar 2-3 jam. Dengan melali jalur pendakian gunung prau via patak banteng anda akan dapat melihat pemadangan Dataran tinggi Dieng yang luar biasa indah.

Keindahan Pemandangan Gunung Prau di  Dieng

Bagi anda yang pernah mendaki sebuah gunung pasti sudah tahu betapa indahnya pemandangan yang tersaji di puncak gunung. Apalagi pada saat matahari terbit atau sunrise, cahaya jingga yang nampak di timur akan semakin menambah suasana pagi dan terlihat dramatis. Di Puncak Gunung Prau juga memiliki eindahan yang sangat bagus. Jika anda ingin melihat puncah Prau saat sunrise alangkah baiknya anda berkemah dan membuat tenda di puncak Gunung Prau agar tidak melewatkan moment yang sangat bagus ini. Jangan khawatir, di puncak Gunung Prau banya sekali pendaki yang juga membuat tenda, apalagi pada saat musim liburan. Dan pada saat matahari terbit dapat anda saksikan pemandangan yang menakjubkan dari atas Puncak Gunung Prau. Dari sini anda seperti berada di negeri di atas awan. Bagaimana tidak, awan yang bisanya kita saksikan diatas, di puncak Gunung Prau ini awan berada di bawah kita. Dari kejauhan terlihat Gunung Sindoro dan Sumbing yang menyembul dari putihnya awan tersebut.

Selain pemandangan di puncak yang indah, Gunung Prau juga terkenal dengan beberapa spot di jalur pendakian yang indah. Diantara spot yang indah itu adalah  Taman Bunga Daisy dan Bukit Teletubbies.  Taman bunga daisy di Dieng merupakan tempat dimana banyak ditumbuhi bunga daisy yang indah. Trmpat ini sering dijadikan sebagai tempat berfoto ria para pendaki. Sedangkan Bukit Teletubbies merupakan sebuah bukit yang menyerupai latar film Teletubbies yang sempat ngetrend beberapa tahun silam. Bukit ini berupa gundukan-gundukan kecil yang banyak ditumbuhi rumput sehingga tampak asri dan indah.

Demikian tadi sedikit informasi tentang Pendakian Gunung Prau Dieng dan Spot Indah yang Akan Anda Lewati pada saat mendakinya. Oh ya, sebagai pendaki yang baik selalu jaga alam sekitar sehingga tetap lestari. Jangan buang sampah sembarangan di gunung. Bawalah sampahmu turun dan buang pada tempat yang semestinya.