Minggu, 02 Agustus 2015

Menikmati Sunrise di Bukit Sikunir Dieng

Menikmati Sunrise di Bukit Sikunir Dieng, Tempat Wisata Terindah - Dataran Tinggi Dieng atau dieng Plateu merupakan sebuah dataran tinggi yang terdapat di Kabupaten wonosobo dan Banjarnegara. Dataran Tinggi dieng pada dasarnya merupakan sebuah gunung berapi raksasa sehingga di beberapa bagian datara tinggi Dieng masih terdapat adanya kawah vulkanik yang masih aktif. Dataran Tinggi Dieng menyimpan berbagai mamam potensi wisata yang sangat besar, sehingga jika dikembangkan secara serius dapat menambah pendapatan asli daerah yang sangat signifikan. Salah satu tempat wisata unggulan di Kawasan Dataran Tinggi Dieng adalah Bukit Sikunir. Bukit Sikunir menawarkan keindahan alam berupa pemandangan sekitar dataran tinggi Dieng dari atas serta Sunrise nya yang sangat menakjubkan. Keindahan di puncak Bukit Sikunir ini menjadikannya dijuluki dengan "Negeri Diatas Awan".

Sunrise di Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir Dieng


Bukit Sikunir Dieng

Lokasi Bukit Sikunir Dieng

Wisata Unggulan Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Bukit Sikunir memiliki ketinggian 2.300 mdpl dan untuk mencapainya anda harus mendaki jalan setapak selama kurang lebih 45 menit sampai 1 jam.

Pemandangan Bukit Sikunir Dieng

Pemandangan di Bukit Sikunir ini sangat luar biasa. Jika anda datang pada saat yang tepat, anda dapat melihat sunrise yang dihiasi dengan semburat awan di pagi hari serta ditambah dengan beberapa gunung yang tampak dari bukit Sikunir ini. Dari atas Bukit Sikunir ini anda dapat melihat Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi dan Ungaran. Sunrise Bukit Sikunir Dieng ini konon dinobatkan menjadi sunrise terbaik di Jawa Tengah. Bisa dikatakan, spot pemandangan terbaik dan terindah di Kawasan Dataran Tinggi Dieng adalah di Bukit Sikunir ini. Namun, untuk menikmatinya nampaknya tidaklah mudah karena tentu saja sunrise akan datang pada saat pagi buta. Jadi untuk menikmati sunrise di Sikunir anda wajib menginap di Dieng.

Ada waktu-waktu terbaik untuk menikmati pamandangan di Sikunir, yaitu pada musim kemarau atau sekitar bulan Juli-Agustus. Namun jika berkunjung di luar bulan itu juga tidak apa-apa, bahkan jika anda beruntung anda dapat mendapati pamandangan yang lebih menakjubkan karena ada gumpalan awan yang mengelilingi gunung di sekitar Dieng, sehingga seperti melihat negeri diatas awan. Jika anda pergi ke Dieng khususnya ke Sikunir sangat disarankan untuk memakai jasa pemandu wisata dari penduduk lokal setempat. Hal itu karena anda pastinya akan lebih aman jika ada pendamping khusus yang berpengalaman mengingat medan Sikunir yang tidak biasa.

Demikian tadi informasi tentang Menikmati Sunrise di Bukit Sikunir Dieng. Jangan lupa mengunjungi tempat wisata menarik lainnya di Dieng Jawa Tengah.