Selasa, 04 Agustus 2015

Beningnya Telaga Pengilon Dieng, Seperti Bercermin

Beningnya Telaga pengilon Dieng, Tempat Wisata Terindah - Satu lagi telaga yang terdapat di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, yaitu telaga Pengilon. Telaga Ini memiliki pemandangan yang indah sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Telaga Pengilon ini. Selain dapat menikmati secara langsung kepinggir telaga, ada cara lain dalam menikmati Telaga Pengilon dan Telaga Warna Dieng, yaitu dengan melihatnya dari ketinggian. Spot yang terkenal untuk melihat kedua telaga ini dari ketinggian adalah Batu Ratapan angin. Di tempat ini anda dapat melihat pemandangan yang luar biasa yaitu dua telaga yang berdampingan namun memiliki warna air yang berbeda. Telaga Pengilon dengan warna airnya yang jernih sedang Telaga Warna memliki warna yang berubah ubah, seringnya kehijauan.

Wisata Telaga Pengilon Dieng


Wisata Telaga Pengilon Dieng



Lokasi Telaga Pengilon Dieng

Tempat wisata Telaga Pengilon DIeng terletak berdekatan dengan Telaga Warna yaitu di  Kejajar, Wonosobo Jawa Tengah 56353. Untuk mengakses telaga ini anda dapat melalui Telaga Warna, kemudian menyusuri bibir telaga warna sekitar sejauh 100 meter. Di sepanjang jalan ini anda dapat melihat pemandangan Telaga Warna sendiri dan hutan wisata di sekitar telaga Warna.

Keindahan Telaga Pengilon Dieng

Obyek wisata Telaga Pengilon ini memiliki air yang jernih sehingga dapat memantulkan obyek lain yang ada di sekitar telaga. Oleh karena itu telaga ini dinamakan "Pengilon" yang beraal dari bahasa jawa Ngilo atau bercermin. Disamping telaganya yang indah, juga didukung dengan keberadaan pepohonan yang juga rimbun sehingga menambah suasana asri dan sejuk. ada keunikan tersendiri dari Telaga Pengilon di Kawasan Dieng ini yaitu meskipun telaga ini berdamingan dengan Telaga warna, namun keduanya memiliki karakteristik yang sangat bertolak belakang. Telaga Warna memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi sehingga mempengaruhi warna yang muncul di permukaan telaga, sedangkan Telaga Pengilon tidak ditemukan kandungan belerang sehingga air yang ada di dalamnya tampak jernih. Bahkan di Telaga Pengilon dapat ditemui beberapa jenis ikan air tawar yang ada di dalamnya.

Mitos Seputar Telaga Pengilon Dieng

Seperti halnya tempat wisata lain di Indonesia yang kadang memiliki cerita khusus, di Telaga Pengilon ini juga ada sejumlah cerita menarik yang menyertai. Mitos yang berkembang di masyarakat sekitar Telaga Pengilon adalah bahwa anda dapat melihat jati diri anda yang sebenarnya melalui bercermin di Telaga Pengilon ini. Apabila dalam bercermin bayangan yang dihasilkan tampak bagus dan cantik maka anda kemungkinan adalah orang yang baik hati. Sedangkan apabila bayangan yang timbul adalah buruk, maka kemungkinan sebaliknya dan anda harus berintrospeksi diri. Namun itu semua hanyalah mitos belaka, anda dapat mempercayainya atau tidak sama sekali.

Demikian tadi sedikit informasi tentang  Beningnya Telaga Pengilon Dieng, Seperti Bercermin. Jangan lupa mengunjungi ke Wisata Dieng Telaga Pengilon ini apabila berkunjung ke Dieng dan nikmati pemandangan baru yang tak ada di daerah lain. (Baca : 12 Tempat Wisata di Kawasan Dieng )