Sabtu, 20 Juni 2015

Wisata River Tubing Kali Oya yang Mengasyikkan

Wisata River Tubing Kali Oya yang Mengasyikkan, Tempat Wisata terindah - Kali Oya merupakan sungai besar mengalir di dekat kawasan wisata Goa Pindul. Setelah anda puas mengeksplore Goa pindul biasanya anda akan langsung ditawari oleh si pemandu untuk lanjut menyusuri Kali Oya atau river tubing. Ya, kalau saya sih, jauh-jauh sampai Goa Pindul kalau tidak sekalian river tubing ke Kali Oya, rasanya rugi. Lagian kan sudah terlanjur basah, ya sudah, basah sekalian aja, hehe. Sebelum baca artikel ini lebih lanjut alangkah baiknya kalau anda baca dulu informasi tentang wisata menyusuri Goa Pindul yang Seru, karena artikel tersebut sangat berkaitan dengan artikel ini.

Wisata menyusuri Kali Oya ini dijamin akan mengasyikkan. Sungai Oya ini airnya lumayan jernih, dan kelihatnnya belum tercemar oleh limbah-limbah baik dari pabrik maupun rumah tangga. Untuk menyusuri Sungai Oya ini anda akan dibawa dengan mobil pick up dari lokasi Goa Pindul. Peralatan yang diperlukan hampir sama dengan yang digunakan untuk menyusuri Goa Pindul yaitu cukup dengan ban pelampung dan rompi pelampung. Setelah sampai di lokasi awal penyusuran, sudah ada petugas khusus dari resto yang akan menawari anda paket makan siang. Jadi jika anda memesan makanan, nantinya pihak resto akan menyiapkannya terlebih dahulu, sehingga nantinya selesai aktivitas river tubing anda beserta rombongan dapat langsung makan bersama di lokasi pinggir sawah dekat lokasi finish river tubing. Kami sendiri belum pernah mencoba pesan jadi tidak bisa kasih review baik dari segi rasanya maupun harganya.

Wisata River Tubing Kali Oya yang Mengasyikkan


Saat memulai penyusuran, pemandu akan menerangkan sedikit tentang teknik yang harus diketahui oleh peserta. Setelah itu peserta satu per satu akan di "hanyutkan" ke dalam sungai Oya. Ohya tempat start penyusuran ini arunya agak deras jadi satu peserta harus menyusuri sendirian. Ketika arus sudah tenang, maka pemandu akan memandu agar peserta saling bergandengan seperti yang dilakukan di Goa Pindul. Arus sungai ini memang tidak sama ya, kadang deras kadang tenang, sehingga untuk menyikapinya juga harus menyesuaikan dengan kondisi. Meskipun hanya sungai, namun ternyata Kali Oya ini menyimpan pemandangan yang luar biasa. Kadang anda akan dibawa ke bagian yang berupa arus cepat dengan bebatuan yang menyembul di sungai. Kadang anda dibawa ke dalam arus yang tenang dengan sisi kanan kirinya berupa bebatuan yang memilikialur tertentu. Kadang juga pemandangan sisi kanan kiri berupa tebing tinggi menjulang, pokoknya indah banget. Dijamin gak akan menyesal menyusuri Kali Oya ini. Di tengah perjalanan anda akan diajak berhenti di sebuah air terjun sejenak untuk menikmati mandi dibawah aliran airnya. Selain itu, anda bisa melompat dari tepi tebing ke sungai dengan ketinggian sekitar 10 meter. Berani Coba ?

Setelah sampai di akhir river tubing Kali Oya, anda akan naik ke tepi sungai dan mobil yang tadi mengangkut sudah siap kembali mengangkut anda ke lokasi kawasan wisata Goa Pindul. Tikat yang harus anda bayar untuk menikmati river tubing Kali Oya ini adalah sebesar Rp. 45.000. Cukup murah ya.

Baca juga info wisata lainnya di Yogyakarta :
Tempat Wisata di Yogyakarta Lengkap 
12 Pantai Indah Menawan di Gunung Kidul Yogyakarta
7 Goa Menawan di GUnung Kidul Yogyakarta

Demikian tadi sedikit ulasan atau review tentang wisata menyusuri Sungai Oya atau river tubing Kali Oya. Semoga bermanfaat.