Senin, 16 Maret 2015

Wisata Goa Jomblang Di Yogyakarta yang Indah

Wisata Goa Jomblang Di Yogyakarta, Tempat Wisata Terindah - Goa Jomblang ini tepatnya adalah berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Namun karena masuk dalam wilayah Provinsi Yogyakarta, banyak yang menyebut Goa Jomblang ini berada di Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan sebuah objek wisata goa yang memiliki pesona keindahan alam yang sangat cantik. Goa Jomblang ini juga di sebut sebagai cahaya surgawi. Sebab jika Anda menyusuri area goa ini Anda akan mendapati keunikan yang cukup menarik dari Goa Jomblang tersebut yaitu berupa cahaya yang masuk dari mulut goa yang yang terletak di atas goa. Tidak hanya itu saja, Goa Jomblang ini juga terlihat sangat indah, karena goa ini di tumbuhi oleh pepohonan hijau di dalamnya, yang mana hal ini akan memberi pesona keindahan tersendiri yang menjadi daya tarik wisata Goa Jomblang tersebut. Suasana goa dengan di padukan udara sejuk dari pepohonan di dalam goa tersebut, akan semakin Anda rasanya kenyamanannya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berwisata ke goa jomblang? Jika iya, yuk Anda simak terlebih dulu ulasan wisata goa jomblag di Yogyakarta berikut sebagai referensi liburan Anda.

Lokasi Tempat Wisata Goa Jomblang Yogyakarta

Tempat Wisata Goa Jomblang Yogyakarta terletak di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarat atau berjarak 10 km dari kota Wonosari.

Akses Tempat Wisata Goa Jomblang Yogyakarta

Akses menuju lokasi Goa Jomblang sangat mudah, yaitu anda dapat menggunakan transportasi umum. Jika anda dari luar kota langsung saja naik bus menuju Terminal Giwangan Yogyakarta. Dari Terminal Giwangan, naik bus jurusan Wonosari dan menuju Kecamatan Semanu kemudian ke Lokasi Goa Jomblang.

Keindahan Tempat Wisata Goa Jomblang Yogyakarta

Goa jomblang yang menjadi objek wisata cahaya surgawi ini memiliki keunikan tersendiri dengan adanya sebuah lorong yang terbentuk secara alami, yang mana lorong ini merupakan penghubung antara Goa Jomblang dengan Goa Grubug, yang terlihat sangat indah, dan hal ini pastinya akan Anda temui di goa jomblang. Selain itu di objek wisata Goa Jomblang ini Anda juga dapat menyaksikan sebuah Stalagmit berwarna hijau kecoklatan yang menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan, serta sinar matahari yang dapat menembus pada kegelapan dalam goa yang menjadi fenomena yang sangat unik dan luar biasa eksotis. Goa jomblang yang menghadirkan pesona pemandangan wisata yang memukau di mana adanya sinar matahari ini dapat menerangi stalaktit dan juga stalagmit, sehingga hal ini membuat lantai dasar dari goa jomblang terlihat begitu sangat indah.
Sebuah cahaya surgawi yang tercipta di goa jomblang patut untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga atau pun sahabat Anda. Dan Semoga wisata goa jomblag di Yogyakarta menjadi liburan Anda yang paling menyenangkan.

Untuk menikmati keindahan Goa Jomblang ini tentunya tidaklah mudah. Goa Jomblang merupakan Goa vertikal yang bertipe collapse doline. Untuk memasuki Goa Jomblang yang tingginya 60 meter ini anda harus memiliki nyali yang besar dan butuh kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Anda juga wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan caving di goa vertikal dan harus didampingi oleh penelusur goa yang sudah berpengalaman.

Sejarah Tempat Wisata Goa Jomblang Yogyakarta

Menurut masyarakat setempat dahulu Goa Jomblang pernah dijadikan sebagai lokasi pembunuhan massal anggota PKI. Memang pada waktu itu setelah peristiwa G.30 S/PKI, pemerintah melalui TNI melakukan pembersihan terhadap anggota PKI dengan cara pembunuhan massal di beberapa lokasi. Di Goa Jomblang ini para tawanan yang akan diekseskusi dijejerkan di pintu Goa dengan tangan terikat satu sama lain. Apabi;a satu orang ditembak dan jatuh maka yang lainpun akan ikut jatuh ke dasar goa. Kisah ini membuat suasana goa menjadi angker, ditambah lagi dengan beberapa kejadian hilangnya penjelajah goa di Goa Jomblang ini. Pada tahun 1990 masyarakat sekitar mengadakan doa bersama di goa Jomblang dan setelah itu katanya sudah tidak ada lagi penjelajah goa yang hilang. Goa Jomblang pertama kali dijelajahi oleh Acintyacunyata Speleological Club ( ASC ) atau kelompok penjelajah goa di Yogyakarta pada tahun 1984.

Gambar Tempat Wisata Goa Jomblang Yogyakarta

Penampakan Goa Jomblang dari Luar
Penampakan Goa Jomblang dari Luar

 
Keindahan Goa Jomblang
Keindahan Goa Jomblang

Sinar Matahari di Goa Jomblang Yogyakarta
Sinar Matahari di Goa Jomblang Yogyakarta
Baca juga informasi wisata di Yogyakarta berikut :
Info Pariwisata Lengkap di Yogyakarta
12 Tempat Wisata Pantai di Gunung Kidul Yang Indah
7 Tempat Wisata Goa di Gunung Kidul Yang Menakjubkan

Demikian tadi sekilas uraian tentang tempat wisata Goa Jomblang di Gunung Kidul Yogyakarta.