Senin, 02 Maret 2015

Nikmati Solo Batik Carnival di Kota Solo

Nikmati Solo Batik Carnival di Kota Solo, Tempat Wisata Terindah - Solo Batik Carnival (SBC)merupakan sebuah event tahunan di Kota Solo, kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya Karnaval Batik Solo. Event ini diadakan oleh Pemerintah Kota Surakarta yang bertujuan untuk melestarikan, mengembangkan, dan memperkenalkan batik sebagai budaya bangsa kepada masyarakat luas serta mengangkat citra kain batik di masyarakat. Dalam event ini peserta diwajibkan membuat kostum dengan bahan dasar kain batik kemudian dibuat sedemikian rupa sesuai dengan tema yang telah ditentukan.  Tema yang pernah diangkat dalam Solo Batik Carnival diantaranya adalah Wayang, Topeng, Sekar Jagad, Keajaiban Legenda, dan Metamorfosis. Rute yang dilalui sebagai catwalk adalah sepanjang Jalan Slamet Riyadi atau berangkat dari Solo Center Point dan berakhir di Balaikota Surakarta. Acara Solo Batik Carnival ini pertama kali diadakan pada tahun 2008. Hampir dalam setiap acara Solo Batik Carnival, selalu dipenuhi pengunjung yang rela berjejer di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

Adanya event tahunan Solo Batik Carnival di Kota Solo tentunya membawa pengaruh yang besar sekali dari sektor perekonomian. Pada saat penyelenggaraan SBC hotel-hotel dan biro perjalanan di Kota Solo selalu ramai mendapat pelanggan. Bahkan tentunya para pedagang kaki lima dapat meraup keuntungan dari penyelenggarakan Solo Batik Carnival ini.(Baca : Tempat wisata di kota Solo)

Sebagai ikon wisata baru kota Solo, SBC telah beberapa kali ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata untuk mewakili Indonesia dalam ajang  internasional seperti Chingay Festival di Singapura, Malaysia Association of Tour and Travel Agents (Matta) Fair, dan Tournament of the Rose Pasadena, California, Amerika Serikat. Hal ini tentunya membuat bangga kita sebagai warga negara Indonesia karena berhasil dikenal oleh masyarakat internatonal melalui sebuah event budaya yang mengagumkan.

Gelaran Solo Batik Carnival yang akan datang adalah SBC tahun 2015 atau SBC ke 8 yang pernah dilaksanakan. Solo Batik Carnival tahun 2015 akan diselenggarakan pada 12-14 Juni 2015 mendatang. Jadwal Solo Batik Carnival ini adalah sesuai dengan jadwal yang direncanakan oleh Pemerintah Kota Surakarta. Bagi anda yang penasaran dengan pagelaran Solo Batik Carnival, anda harus merencanakan untuk datang ke Kota Solo. Kami hanya dapat menyerukan kepada anda untuk Nikmati Solo Batik Carnival di Kota Solo. Jangan lupa baca Agenda wisata dan budaya Kota Solo 2015 ya, Pasti Seru.

Gambar dan Video Solo Batik Carnival



 

Berikut ini Video Promo Solo Batik Carnival / SBC Tahun 2015