Tempat Wisata Situ Bagendit di Garut yang Masih Asri

shares |

Tempat Wisata Situ Bagendit di Garut yang Masih Asri, Tempat Wisata Terindah - Situ Bagendit merupakan tempat wisata yang berlokasi di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Tempat Wisata Situ Bagendit Merupakan objek wisata yang cukup indah dan alami berupa danau. Danau Situ bagendit berbatasan dengan desa Banyuresmi di sebelah utara, kemudian berbatasan dengan desa Cipicung disebelah selatan. Berbatasan langsung dengan Desa Binakarya disebelah timur, dan desa Sukamukti pada  arah barat. Ada Cerita menarik terkait Situ Bagendit ini, yaitu sebuah cerita rakyat tentang Legenda Situ Bagendit. Anda dapat menemukan cerita tersebut di artikel lain di blog ini.

Situ Bagendit memiliki kualitas lingkungan hidup cukup baik. Baik dari segi kebersihan bangunan dan ekosistem alamnya. Meliputi bangunan yang permanen maupun yang semi permanen. Dikelola oleh Bapak Ajan Sobari sebagai pengawas dan penanggungjawab objek wisata Situ Bagendit. Perlu diketahui bahwa status kepemilikan objek wisata ini adalah milik Pemerintah Daerah Garut, namun kewenangannya dilimpahkan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut.

Berbagai kegiatan wisata yang dapat anda lakukan di Tempat Wisata Situ Bagendit antara lain berkeliling danau dengan perahu kecil atau sepeda air, ataupun jalan-jalan santai menikmati pemandangan alam sekitar danau. Kawasan ini menyediakan banyak fasilitas menarik yang disewakan untuk tujuan wisata. Seperti persewaan rakit yang disediakan dalam jumlah 60 buah, yang dapat anda sewa dengan tarif Rp 25.000/15menit. Ada juga sepeda air berjumlah 11 buah yang disewakan Rp 10.000/15 menit. Kereta api mini yang menyusuri tepian danau, kolam renang untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Pembangunan Tempat Wisata Situ Bagendit ini sudah direncanakan oleh dinas pariwisata dan berjalan dengan baik. Pembangunan yang tertata baik dari jenis material yang digunakan dan gaya arsitektur bangunan itu sendiri. Disediakan pula tempat ibadah bagi umat muslim yaitu sebuah mushola. Meskipun ada beberapa bagian yang harus dibenahi agar tercipta situasi tempat wisata yang nyaman dan aman untuk semua pengunjung. Beberapa hal yang perlu dibenahi seperti penertipan kios-kios liar dan pembersihan coretan-coretan di dinding, penambahan jumlah petugas penjaga di sekitar danau.  Objek  wisata danau Situ Bagendit  dibuka untuk umum mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore waktu setempat.

Suplai tenaga listrik di salurkan oleh PLN dengan distribusi Voltase sebesar 220 v. didukung sumber air bersih yang memadai dari PDAM dan juga Sumur bor. Tingkat Ph air yang normal dan aman untuk digunakan  pengunjung. Namun apabila musim kemarau tiba cadangan persediaan air juga turut berkurang. Sistem pembuangan limbah yaitu dengan saluran selokan irigasi dan juga septic tank.Lahan parkir Situ Bagendit dirasa cukup memadai  karna memiliki luas sekitar 1400 m2 dengan daya tampung kurang lebih 30 bus,180kendaraan bermotor,60kendaraan pribadi. Namun perlu sedikit pembenahaan untuk Vegetasi peneduh agar tidak terlalu panas. Itulah sedikit gambaran umum mengenai Situ Bagendit yang ada di daerah garut. Objek wisata yang  terus melakukan pengembangan untuk mewujudkan sebagai objek wisata  yang menarik hati masyarakat, untuk berkunjung di  danau Situ Bagendit. ( Baca info : 12 Tempat Wisata Terindah di Garut )

Wisata Yang Berhubungan