Sabtu, 24 Januari 2015

Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor

Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor, Tempat Wisata Terindah - Apakah anda pernah mengunjungi kebun binatang ? Saat ini kebun binatang menjadi salah satu lokasi alternatif tujuan wisata bagi keluarga. Hal itu karena kebanyakan anak-anak akan suka melihat langsung berbagai macam binatang yang tidak mungkin kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Kebun binatang biasanya menempatkan koleksi binatangnya dalam kandang dengan ukuran yang terbatas. namun saat ini sudah benyak terdapat lokasi wisata yang menyajikan koleksi binatang buas namun dalam kondisi seperti di alam terbuka. Salah satu yang menyajikan hal tersebut adalah Taman Safari Indonesia. (Baca : Tempat Wisata Terindah di Bogor ).

Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor

Lokasi Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga yang berorientasi pada penyajian satwa liar di alam bebas. Alamat atau lokasi dari Taman Safari Indonesia ini terletak di Desa Cibeureum, kecamatan Cisarua, masuk kabupaten Bogor, Jawa Barat.  Daerah Cisarua juga lebih dikenal masyarakat dengan kawasan puncak. Taman ini telah mempunya fungsi sebagai penyangga dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pada ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius. (Baca : Tempat Wisata di Daerah Jawa Barat )

Keunikan Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia memiliki keunikan sebagai tempat wisata jika dibandingkan dari kebun binatang lainnya yang ada di Indonesia yakni para pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari jarak dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang memang sudah disediakan oleh para pihak pengelola Taman Safari. Kemudian para Pengunjung juga bisa berinteraksi secara langsung dengan memberi makan hewan-hewan yang ada pada taman safari tersebut, tapi jangan coba-coba memberi makan harimau ya, beri makan binatang yang jinak saja, hehe.
Jika anda berwisata di tempat tersebut, maka akan disuguhi dengan koleksi serta pertunjukan Gajah di Taman Safari. Karena untuk Taman Safari ini telah memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru di dunia termasuk juga terdapat beberapa satwa langka, diantaraya ialah harimau benggala, singa, orangutan, jerapah, gajah, komodo maupun anoa dan lain sebagainya. Selain itu, dalam Taman Safari Indonesia tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan juga atraksi seperti halny bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, serta kolam renang dengan ala Afrika, serta fasilitas dan wahana menarik lainnya

Sejarah Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia ini dibangun pada tahun 1980 di sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif lagi dengan luas tanahnya seluas 50 hektare. Sehingga pada akhirnya Taman ini telah ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, sebagai Menteri Pariwisata Pos dan juga Telekomunikasi pada masa itu dan telah diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap (Menteri Kehutanan masa itu), yakni tepatnya pada tanggal 16 Maret 1990.

Ada Berapa Taman Safari Indonesia ?

Luas Taman Safari tersebut telah berkembang menjadi seluas 168 hektare dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan juga rekreasi serta untuk mengadakan safari malam pada saat akhir pecan maupun saat libur panjang. Selain itu, Taman Safari Indonesia ini juga mulai membuka tempat wisata yang terdapat di daerah lain yaitu Taman Safari Indonesia 2 yang terletak di lereng Gunung Arjuna, Kec. Prigen, Kabupaten Pasuruan Madura, Jatim. juga Bali Safari dan Marine Park tepatnya berada di desa Serongga, Kec. Gianyar Bali serta Batang Dolphins center di Pantai Sigandu, Kab. Jateng.

Gambar Lokasi Taman Safari Indonesia 

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia



Taman Safari Indonesia



Demikianlah ulasan terkait taman safari Indonesia.