Jumat, 14 November 2014

Objek Wisata Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus

Objek Wisata Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus - Sunan Kudus merupakan salah satu penyebar Agama Islam di Tanah Jawa dan termasuk salah satu dari Walisongo yang sudah terkenal di Pulau Jawa. Nama Sunan Kudus diambil dari nama daerah tempat dimana beliau menyebarkan Agama Islam, yaitu Kudus, yang sekarang menjadi nama sebuah Kabupaten di jawa Tengah. Kabupaten Kudus berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Grobogan, Pati, Jepara dan Demak. Masjid Menara Kudus merupakan nama yang sering diucpkan oleh warga masyarakat Kudus, sedangkan nama lainnya adalah Masjid Al Aqsha dan Masjid Manar. Didalam Kompleks Masjid Menara Kudus terdapat 3 bangunan utama yang menarik perhatian masyarakat yaitu masjid itu sendiri, Menara Kudus, serta Makam Sunan Kudus yang sering dikunjungi Peziarah dari berbagai daerah.

Objek Wisata Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus

Lokasi Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus terletak di Desa Kauman Kecamatan Kota Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Dari Alun Alun Kota Kudus, berjarak sekitar 3 km ke arah Barat (Arah Kab Jepara).

Sejarah Berdirinya Menara Kudus

Masjid Menara Kudus dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 M atau sekitar 956 H yang konon menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Masjid Menara Kudus  memiliki bentuk yang unik terutama pada bangunan Menara karena merupakan gabungan dari unsur budaya Islam dan Hindu. Dahulu wilayah Kudus merupakan wilayah dengan mayoritas penduduknya beragama Hindu dan Budha. Keberadaan dakwah Sunan Kudus di Kudus tentunya membutuhkan strategi khusus agar dapat diterima masyarakat Kudus waktu itu. Oleh karena itu Suna Kudus berinisiatif untuk membuat bangunan masjid yang diberi unsur kebudayaan masyarakat setempat yaitu Hindu dan Budha. Pembangunan Masjid MEnara Kudus didokumentasikan dalam sebuah prasasti pada batu selebar 30 cm dan panjang 46 cm yang terletak pada mihrab masjid yang ditulis dalam bahasa Arab.

Mitos Seputar Masjid Menara Kudus

Salah satu Objek Tempat Wisata yang menarik disini adalah Menara Kudus yang memiliki bentuk arsitektur yang sangat unik. Namun dibalik keindahannya, Masjid Menara kudus menyimpan misteri yang cukup menarik. Menurut penuturan warga setempat, ada semacam mitos yang berkembang disini, yaitu apabila ada pejabat yang tidak jujur yang melewati lorong gapura Masjid Menara Kudus, maka pejabat tersebut dapat kehilangan jabatannya, apalagi pejabat tersebut masih mengenakan pakaian dinas. Cerita ini berawal dari kesaktian Sunan Kudus dan ketidaksukaannya pada pejabat kerajaan yang tidak jujur, sehingga waktu itu pejabat yang tidak jujur dapat disingkirkan dan rakyat dapat hidup dengan makmur. Namun kepercayaan ini terus dipercayai sampai sekarang, Sehingga apabila ada seorang pejabat yang kebetulan ingin sholat di Masjid Menara Kudus, maka biasanya baliau ganti pakaian dulu dan untuk masuknya tidak lewat depan namun lewat belakang Masjid. Benar atau tidaknya cerita ini kami juga tidak tahu. Mitos tentang Masjid Menara Kudus ini pernah dimuat di Website Suara Merdeka di alamat berikut : https://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/ramadan/ramadan_detail/2012/08/02/54439/Lorong-Menara-Kudus-Tempat-Paling-Dihindari-Para-Pejabat .

Agenda Masjid Menara Kudus

Saat ini Masjid Menara Kudus dijadikan sebagai pusat perayaan dhandangan, yaitu semacam kegiatan menyambut datangnya Bulan Ramadhan yang diselenggarakan berupa Pasar Rakyat. Acara Dhandangan banyak dihadiri oleh warga masyarakat yang bukan hanya warga Kudus, namun juga sekitar Kudus.

Gambar Masjid Menara Kudus

Menara Kudus