Sabtu, 15 November 2014

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Kudus Jawa Tengah

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Kudus Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Kudus Jawa Tengah merupakan sebuah Kabupaten yang berada di sebelah utara pulau Jawa, yang berbatasan dengan Kabupaten Pati, Jepara, Demak dan Kabupaten Grobogan. Kabupaten Kudus terkenal sebagai Kota kretek, karena sejak zaman dahulu masyarakat Kudus menggeluti industri rokok kretek. Sampai sekarang masih banyak pabrik rokok di Kabupaten Kudus baik yang skala besar maupun kecil. Di Kabupaten ini berdiri sebuah pabrik rokok Djarum, yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Selain terkenal karena kreteknya, Kabupaten Kudus juga terkenal sebagai tempat ziarah para wali, karena di Kabupaten Kudus merupakan tempat dimakamkannya 2 tokoh walisongo, yaitu Sunan Muria dan Sunan Kudus. Tiap hari kedua makam ini dikunjungi oleh banyak peziarah. Berikut kami tampilkan daftar potensi wisata yang terdapat di Kabupaten Kudus.

Wisata Kudus Jawa Tengah Paling Populer

Wisata Kudus Jawa Tengah




1. Makam Sunan Kudus
Makam Sunan Kudus terletak tidak jauh dari Kota Kudus. Di dalam kompleks Makam Sunan Kudus terdapat Menara Kudus dan Masjid Menara Kudus. Menara Kudus memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik. Bangunan ini merupakan peninggala dari Sunan Kudus.

2. Makam Sunan Muria
Makam Sunan Muria terdapat di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Berbeda dengan Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria letaknya agak jauh dari Kota Kudus. Tepatnya Makam Sunan Muria terdapat di lereng Gunung Muria, sehingga loksinya agak keatas. Namun jangan khawatir di tempat ini banyak tukang ojek yang siap mengantarkan peziarah ke lokasi Makam Sunan Muria.

3. Air Terjun Monthel
Air Terjun Monthel berdekatan dengan Makam Sunan Muria. Air terjun ini memiliki ketinggian 25 meter. Lokasi wisata Air Terjun Monthel belum begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal itu mungkin karena tempat ini belum digarap secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Kudus.

4. Museum Kretek Kudus
Museum Kretek didedikasikan khusus oleh masyarakat Kudus yang telah turun-temurun mengembangkan industri rokok kretek sampai sekarang. Dalam Musium ini banyak menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan Industri Rokok Nasional. Selain itu juga mengoleksi berbagai macam bungkus rokok yang pernah diproduksi, diorama pembuatan rokok kretek secara tradisional dll.

5. Situs Pati Ayam
Situs Pati Ayam terdapat di Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Situs Pati Ayam merupakan sebuah museum tempat penyimpanan berbagai macam fosil yang pernah ditemukan warga sekitar. Kawasan Pati ayam ditengarai merupakan pusat peradaban manusia purba, sehingga banyak ditemukan berbagai acam fosil seperti gading gajah purba, gigi geraham dll

6. Air Tiga Rasa
Air Tiga Rasa juga berlokasi di dekat Kompleks Makam Sunan Muria. Dinamakan Air Tiga Raa karena di tempat ini terdapat sumber mata air yang memiliki 3 macam varian rasa.

7. Rahtawu
Rahtawu merupakan sebuah nama desa yang berlokasi di lereng Muria sebelah selatan/barat. Desa rahtawu ini merupakan sebuah desa yang berada di Kec. Gebog, Kab. Kudus. Rahtawu berada pada ketinggian 1.627 mdpl. Kita bisa menikmati suasana pegunungan dengan udara yang sejuk dan segar yang masih sedikit terkena polusi. Selain itu kita bisa memandang indahnya pemandangan khas pegunungan saat menuju ke desa Rahtawu. Di rahtawu kita bisa mencoba mandi di sungai yang masih jernih yang dihiasi batu kali. Selain itu kita bisa mengunjungi beberapa  bangunan pertapaan.

8. Waterboom Mulia Wisata
Waterboom Mulia Wisata terletak di Jalan Kudus-Colo, kilometer 12, Desa Lau, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Waterboom ini merupakan satu satunya wahana air yang ada di Kudus yang baru saja diresmikan pada tahun 2011. Terdapat berbagai wahana permainan air seperti ember besar, kolam arus, dan kolam renang standar. Jika tak ingin bermain air, kita bisa juga mencoba ATV atau hanya sekedar mancing. Terdapat juga mini market, warung makan, kantin dan aneka buah dan jus. Jadi tidak usah khawatir dan repot membawa bekal dari rumah. Waterboom ini buka mulai jam 08.00 sampai 17.00 setiap hari.

9. Wisata Kuliner
Di setiap daerah pasti ada makanan yang khas termasuk kota kudus, makanan khas kota kudus antara lain soto kudus, soto kerbau, sate kerbau, swike entog, garang asem dan lenthog tanjung. Sedangkan untuk jajanan khas Kota Kudus adalah Jenang Kudus.