Senin, 03 November 2014

10 Tempat Wisata Terindah di Indonesia yang Sudah Terkenal di Dunia

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki gugusan pulau-pulau besar dan kecil yang jumlahnya mencapai ribuan. Hal ini kemudian yang menjadi alasan Indonesia memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang sangat indah. Beberapa pantai ini sudah banyak dikenal di mancanegara dan menjadi tempat wisata terindah di Indonesia bahkan di dunia. Sebut saja Pulau Bali atau Bali Island, pasti sudah banyak orang-orang di luar sana yang mengenalnya. Saking terkenalnya bahkan kepopuleran Pulau Bali jauh mengungguli kepopuleran Negara Indonesia sendiri. "Katanya" beberapa orang diluar negeri menganggap bahwa Bali merupakan negara tersendiri, terpisah dari Negara Indonesia. Ironis...

Namun Indonesia bukan hanya Bali saja. Di daerah lain banyak terdapat tempat wisata yang sangat indah. Lokasi tempat wisata terindah ini tidak hanya pantai, namun bisa berupa pegunungan, danau, candi dll. Dalam artikel ini kami akan mengulas tentang 10 tempat wisata paling indah yang terdapat di Indonesia dan sudah terkenal di dunia. Kami meyakini tempat wisata kita yang diakui dunia internasional tidaklah hanya 10, pasti lebih.  Namun kami akan pilih 10 diantaranya yang paling bagus berdasarkan versi kami. Dengan potensi wisata Indonesia yang demikian besar, sebenarnya Indonesia bisa menjadi tempat tujuan wisata favorite di Asia Tenggara bahkan Asia. Selama ini Indonesia masih kalah dengan negara lain dalam hal pengelolaan pariwisata. Mungkin ini yang seharusnya menjadi perhatian yang serius oleh pemerintah agar dapat meningkatkan promosi pariwisata di Indonesia, sehingga apabila Tempat wisata kita ramai dikunjungi turis mancanegara, otomatis akan dapat meningkatkan devisa bagi negara kita.

10 Wisata Indonesia Paling Terkenal di Dunia


Dalam artikel ini akan kami sampaikan beberapa informasi seputar 10 Tempat Wisata Terindah yang ada di Indonesia yang sudah sangat terkenal di Dunia. Tempat wisata yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Bali

Bali


Bali merupakan sebuah pulau di Indonesia yang menjadi Provinsi tersendiri. Sektor pariwisata menajdi andalan utama dalam menyokong sumber pendapatan Asli daerah. Pengelolaan pariwisata di Bali terbilang bagus, dengan berbagai promosi yang gencar dilakukan oleh pihak swasta maupun Pemda. Yang menjadikan Bali spesial adalah selain keindahan alamnya namun juga keramahan warga Bali serta keunikan budaya nya yang sampai sekarang masih terus dilesatarikan. Upacara-upacara adat seperti Ngaben masih sering dijumpai di Bali sehingga hal itu menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi wisatawan mancanegara. Ada berbagai macam tempat wisata di Bali, namun dari tempat wisata ini didominasi oleh wisata pantai. Beberapa obyek wisata di Bali yang sudah sangat terkenal adalah Pantai Sanur, Pantai Kuta, Pura Tanah Lot, Pantai Padang Padang, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Lovina, Pantai Jimbaran, Sangeh, Tanjung Benoa, Danau Batur Kintamani, Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Arung Jeram Sungai Ayung, Pura Besakih dan Pura Uluwatu.

2. Raja Ampat

Raja Ampat


Raja Ampat merupakan nama sebuah Kabupaten di Provinsi Papua Barat. Wilayah Kabupaten Raja Ampat berupa gugusan pulau yang jumlahnya ratusan. Diantara pulau-pulau tersebut terdapat beberapa pulau utama yang memiliki wilayah yang luas yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Raja ampat memiliki pantai dan pemandangan bawah laut terindah di Indonesia atau bahkan mungkin di dunia. Oleh karena itu saat ini pmerintah sedang giat mempromosikan tempat wisata di Kabupaten Raja Ampat. Ada berbagai cara yang ditempuh ntuk mempopulerkan lokasi wisata alam Raja ampat, salah satunya adalah yang kemarin sudah pernah dilaksanakan yaitu Sail Raja Ampat 2014.
Tempat wisata yang menjadi andalan di Raja Ampat adalah gugusan pulaunya yang sangat indah, pantai berpasir putih yang menawan sampai gugusan terumbu karang di bawah laut yang tak mungkin dilewatkan. Dengan keindahan alamnya ini, Raja Ampat menjadi surga bagi para penyelam untuk melihat pemandangan bawah laut di wilayah Raja Ampat.

3. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken


Taman LAut Bunaken atau sering disebut dengan Bunaken Sea Park menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Taman Laut Bunaken terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman Laut Bunaken memiliki pemandangan yang sangat indah karena terdapat 390 spesies terumbu karang yang masih alami. selain itu tetunya juga terdapat berbagai jenis hewan dan biota laut yang menambah keindahan taman laut Bunaken.

4. Pulau Komodo

Pulau Komodo


Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Di Pulau ini terdapat Tamana Nasional Komodo sebagai tempat pelestarian hewan asli dari Pulau setempata yaitu Komodo. Komodo merupakan hewan asli Indonesia, dan lebih khususnya hewan asli pulau Komodo. Hewan ini tidak dijumpai di daerah lain. Oleh karena itu perlu penanganan khusus agar komodo tidak cepat punah, mengingat proses perkembangbiakannya cukup sulit. Saat ini tercatat ada sekitar 1300 komodo yang terdapat di Pulau Komodo.  Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
Pulau Komodo telah diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang. Beberapa waktu yang lalu Pulau Komodo sempat menjadi perbincangan secar nasional karena keikutsertaannya dalam nominasi 7 Keajaiban dunia yang diadakan oleh New7Wonders. Belakangan diketahui bahwa New7Wonders bukanlah organisasi resmi dan proses penentuan pemenang nominasinya juga hanya berdasarkan polling.
Selain untuk Taman Nasional, Pulau Komodo juga dijadikan sebagai obyek wisata yang ramai dikunjungi. Keindahan alam Pulau Komodo serta pengalaman melihat langsung kadal terbesar didunia ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pulau Komodo. Selain itu pengunjung dapat melihat panorama savana dan panorama bawah laut serta berbagai wisata bahari misalnya, memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan.

5. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu


Danau Kelimutu memiliki pemandangan alam yang sangat unik dan indah, sehingga tak heran apabila danau ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Fenomena alam yang disajikan di Danau Kelimutu adalah adanya 3 danau yang memiliki warna yang berbeda beda yaitu merah, biru dan putih. Bahkan warna itu bisa berubah seiring berjalannya waktu.
Danau Kelimutu terdapat di puncak Gunung Kelimutu, sebuah gunung di Pulau Flores Provinsi NTT, Indonesia. Nama "Kelimutu" berasal dari 2 kata yaitu "Keli" dan "Mutu". Keli berarti gunung sedangkan mutu berarti mendidih.

6. Danau Toba

Danau Toba


Danau Toba tergolong danau vulkanik yang ada di Indonesia. Danau vulkanik merupakan danau yang terbentuk dari aktivitas vulkanik gunung berapi. Lokasi danau Toba adalah di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan danau lainnya, salah satunya adalah di tengah danau ini terdapat pulau Samosir.
Danau Toba telah dikembangkan menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ada berbagai macam lokasi wisata yang terdapat di Danau Toba dan Pulau Samosir, diantaranya adalah : Tuktuk Siodang di pulau Samosir, kuburan batu, Simando, Ambarita (meja batu tempat hukuman tradisional Batak) atau berenang di kolam air panas alam.

7. Gunung Bromo

Gunung Bromo


Gunung Bromo merupakan sebuah gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur, atau tepatnya masuk di wilayah Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung ini masuk dalam gunung yang masih aktif di Indonesia. Ada berbagai keindahan alam yang ada di Gunung Bromo, diantaranya berupa kawah, kaldera, danau serta rimbunnya hutan di sekitar Gunung Bromo yang masih asri. Oh ya untuk mencapai lokasi kawah gunung bromo anda harus menggnakan alat transportasi satu-satunya di tempat wisata Bromo, yaitu dengan mobil Jeep. Wah, menarik bukan ? Pastinya ini akan menambah unsur petualangan yang ada.

8. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon


Taman Nasional Ujung Kulon merupakan sebuah Taman Nasional dan Suaka Margasatwa bagi hewan langka badak bercula satu. Berbeda dengan kebun binatang, badak disini benar-benar hidup di alam bebas, sehingga kehidupannya lebih alami. Namun selain sebagai Taman Nasional, Ujung Kulon juga bisa dijadiken sebagai tempat wisata alam, keluarga dan juga bisa untuk wisata pendidikan bagi siswa siswi sekolah. Ada juga yang memanfaatkan Taman Nasional Ujung Kulon untuk kegiatan penelitian serta pembuatan video dokumenter. Taman Nasional Ujung Kulon bersama Cagar Alam Krakatau merupakan asset nasional, dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

9. Way Kambas

Way Kambas


Way Kambas atau lengkapnya Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat perlindungan Gajah Sumatera yang lokasinya di kecamatan labuhan ratu lampung timur, Indonesia. Sebagai pusat konservasi gajah, di tempat ini dilakukan aktivitas berupa penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi gajah yang jumlahnya saat ini mulai berkurang. Hingga saat ini tercatat ada 300 ekor gajah yang berhasil di jinakkan dan di sebar ke seluruh tanah air termasuk ke kebun binatang seluruh Indonesia.

Di Taman Nasional Way Kambas ini masih terdapat beberapa hewan yang hampir punah diantaranya Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba , Buaya sepit. Untuk flora disini banyak terdapat tanaman  Api-api, Pidada, Nipah dan pandan. Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.

10. Candi Borobudur

Candi Borobudur


Candi Borobudur merupakan salah satu Candi Budha yang terdapat di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Candi Borobudur tercatat dalam 7 Keajaiban Dunia. Karena ketenarannya banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke tempat wisata ini. Kami pernah membahas mengenai Candi Borobudur di artikel berjudul Megahnya Candi Borobudur, Keajaiban Dunia di Nusantara.

Demikian tadi adalah Informasi dan Foto 10 Tempat Wisata Terindah di Indonesia. Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari refrensi Tempat Wisata di Indonesia untuk berlibur bersaa keluarga tercinta.