Selasa, 06 Juni 2023

Monumen Jogja Kembali di Yogyakarta, Wisata Keluarga Sambil Belajar Sejarah

Monumen Jogja Kembali, Wisata Keluarga Sambil Belajar Sejarah, Tempat Wisata Terindah -  Anda pernah dengar dalam buku sejarah bahwa di Yogyakarta pernah terjadi Serangan Umum 1 Maret 1949 yang berlangsung selama enam jam ? Ya, kejadian itu merupakan salah satu peristiwa sejarah yang sangat penting bagi perjalanan NKRI. Karena pentingnya peristiwa itu maka pemerintah mengabadikannya menjadi dalam sebuah Monumen yang diberi nama Monumen Jogja Kembali atau sering disingkat dengan MONJALI yang berada di Yogyakarta. Monumen Jogja Kembali ini memiliki bentuk yang sangat unik yaitu berbentuk kubah kerucut raksasa.

Sejarah Monumen Jogja Kembali

Pada bulan desember 1948 Belanda melakukan Agresi Militer Belanda II. Dalam agrei ini Belanda berhasil menguasai Kota Yogyakarta. Selain itu juga berhasil menangkap dan mengasingkan dua proklamator Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Pada waktu itu Belanda mengumumkan kepada dunia bahwa Republik Inonesia sudah tidak ada, sudah jatuh ke tangan Belanda.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX selaku penguasa Yogyakarta waktu itu memiliki gagsan untuk menyerang pos pertahanan Belanda yang berada di Yogykarta. Serangan ini kemudian direalisasikan oleh Letkol Soeharto, Komandan Brigade 10 daerah Wehrkreise III yang kemudian menjadi Presiden RI ke 2. Letkol Soeharto menyerang Belanda pada pukul 06.00 pagi hari tanggal 1 Mret 1949 an Belanda mampu untuk dikalahkan tepat pada pukul 12 siang. Oleh karena itu sejarah mencatat serangan ini sebagai Serangan Umum 1 Maret 1949.

Serangan Umum 1 Maret ini memiliki arti penting bagi Republik Indonesia yaitu serangan ini menjadi bukti bahwa TNI masih punya kekuatan untuk menyerang Belanda dan membuktikan bahwa pemerintah RI masih ada. Kabar serangan ini sampai ke PBB di New York, dan akhirnya PBB memaksa Belanda untuk menyelenggarakan pertemuan yang kemudian dikenal dengan Perjanjian Roem-Royen. Dalam perjanjian ini berisi Belanda dipaksa untuk menarik pasukannya dari Indonesia, serta memulangkan Presiden dan Wakil Presiden, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Jogja. Pada tanggal 27 Desember 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia.

Harga Tiket Masuk Monumen Jogja Kembali

Harga Tiket Masuk Wisata Monumen Jogja Kembali ini bisa dibilang sangat murah. Untuk masuk ke Monjali pengunjung harus membayar tiket sebesar 15.000 rupiah.

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali terletak di Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kapubaten Sleman. Lokasi Monumen Jogja Kembali ini masih dibilang di dalam Kota Yogyakarta. Dari Malioboro anda tinggal lurus ke utara sampai Ring Road Utara kemudian belok kiri. Monjali berada di kanan jalan.
Monumen Jogja Kembali di Yogyakarta
Monumen Jogja Kembali di Yogyakarta

Monumen Jogja Kembali di Yogyakarta
Bangunan Monumen Jogja Kembali di Yogyakarta

Monumen Jogja Kembali di Yogyakarta
Diorama Monumen Jogja Kembali di Yogyakarta


Fasilitas Monumen Jogja Kembali

Karena ini berupa museum, Monumen Jogja Kembali banyak menyimpan benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan Serangan Umum 1 Maret. Diantaranya adalah replika Pesawat Cureng, dua senjata mesin beroda lengkap dengan tempat duduknya, dinding yang memuat 420 nama pejuang yang gugur antara 19 Desember 1948 hingga 29 Juni 1949 serta puisi Karawang Bekasi-nya Chairil Anwar untuk pahlawan yang tidak diketahui namanya, empat ruang museum yang menyajikan sedikitnya 1.000 koleksi tentang Satu Maret, perjuangan sebelum kemerdekaan hingga Kota Yogyakarta menjadi ibukota RI, Seragam Tentara Pelajar dan kursi tandu Panglima Besar Jenderal Sudirman yang masih tersimpan rapi, serta beberapa diorama dan fasilitas lainnya termasuk taman pelangi monumen jogja kembali.

Demikian tadi informasi tentang Monumen Jogja Kembali di Yogyakarta yang dapat anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata sambil memberikan edukasi kepada anak-anak kita tentang sejarah perjuangan para pahlawan mengusir penajajah Belanda. Terus ikuti web kami di www.tempatwisataterindah.com untuk mendapatkan update tentang Info Wisata di Yogyakarta lainnya.